Operasi Gratis Bibir Sumbing dan Langit-langit di RSKB Jogja

Yayasan Dharmais : Operasi Gratis Bibir Sumbing dan Langit-langit di RSKB Jogja

Yayasan Dharma Bhakti Sosial (DHARMAIS) bekerjasama dengan Perhimpunan Dokter Spesialis Bedah Plastik Rekonstruksi dan Estetik Indonesia (PERAPI) dan RS Khusus Bedah Ring Road Selatan menyelenggarakan “Bakti Sosial Operasi Bibir Sumbing & Langit-langit GRATIS”

Kegiatan yang diselenggarakan pada tanggal 23 April 2017 ini sukses mengoperasi 28 pasien dengan kasus bibir sumbing. Pasien bibir sumbing pada hari itu rata-rata adalah balita namun ada juga orang dewasa.

Secara keseluruhan, Yayasan Dharmais sudah mengoperasi pasien bibir sumbing dan langit-langit sebanyak 7655 orang di seluruh Indonesia.

Dimulai sejak tahun 1997. Yayasan ini berkeliling seluruh Indonesia. Beberapa diantaranya mengunjungi Pekanbaru, Kalimantan, Sulawesi, Gianyar, Flores dan masih banyak lagi. Tidak jarang program ini dilakukan hingga 3-4 kali dalam satu tahun.

Hal tersebut dilakukan karena ingin menggugah masyarakat yang masih menganggap bahwa bibir sumbing adalah hal yang memalukan dan memilih untuk menyembunyikannya.

Bantuan dari Yayasan Dharmais ini tidak hanya sekedar untuk mengoperasi pasien di Rumah Sakit. Namun juga perawatan hingga dinyatakan sembuh.

Tidak berhenti disitu. Program ini juga menyentuh pada sisi psikologis pasien. Beberapa kasus, pasien bibir sumbing sampai pada kondisi dimana dirinya minder dan enggan bergaul dengan sekitarnya. Di sini Yayasan tidak hanya menrekonstruksi bibir sumbing namun juga membangkitkan kembali kepercayaan diri pasien hingga dapat kembali bergaul dengan masyarakat.

Seperti yang terjadi pada salah seorang pasien di Gianyar, Bali. Seharusnya, pasien tersebut sudah bersekolah di kelas 6 SD. Namun karena minder, ia urung bersekolah. Setelah dilakukan operasi, Yayasan menyalurkannya ke sanggar menari agar kepercayaan dirinya tumbuh kembali.

Menurut Dokter Sakura Rini, Penyebab paling utama dari kondisi bibir sumbing adalah Kurang Gizi, Genetik, serta kekurang tahuan masyarakat akan kesehatan janin. Rata-rata penyandang bibir sumbing tidak bisa berbicara dengan baik, membuat penampilan menjadi kurang menarik, malu, dan minder.

operasi gratis bibir sumbing

Dr Sakura Rini

Sangat disarankan untuk menginformasikan adanya operasi gratis bibir sumbing yang diadakan Yayasan Dharmais ini kepada penyandang Bibir Sumbing di sekitar Anda.

Informasi & Pendaftaran Operasi Gratis Bibir Sumbing :

Sekretariat RS Khusus Bedah Ring Road Selatan. Jl. Ring Road Selatan, Glugo, Panggungharjo, Sewon, Bantul, DIY (0274) 376 115

Peta lokasi RS Khusus Bedah Ring Road Selatan

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai