javascript hit counter

Yayasan Dharmais Bawa Secercah Cahaya Untuk Mbah Pairah

Mbah Pairah dan Bu Siti

Operasi Katarak Gratis oleh Yayasan Dharmais

Yayasan Dharmais kembali mengadakan bakti sosial. Berbeda pada tahun sebelumnya, kali ini Yayasan Dharmais mengadakan operasi Katarak di RSUD Nyi Ageng Serang, Sentolo, Kulon Progo. Yayasan yang berdiri sejak tahun 1975 ini memang bergerak di bidang Sosial dan Kemanusiaan.

Bakti Sosial Operasi Katarak sesungguhnya masih sangat dibutuhkan oleh masyarakat terutama yang tidak mampu untuk operasi. Berdasar pantauan kami, peserta yang mendaftar untuk operasi katarak cukup banyak, mencapai 105 orang. Rata-rata usia peserta operasi katarak ini antara 50-80 tahun. Sementara itu yang memenuhi syarat operasi hanya 37 orang saja. Mereka harus melewati serangkaian cek kesehatan terlebih dahulu sebelum dinyatakan siap dioperasi.

Seperti mbah Pairah. Wanita yang sehari-hari sebagai ibu rumah tangga ini sudah mengalami katarak selama 6 bulan terakhir. Ia merasa sangat terbantu dengan adanya bakti sosial ini. Seperti yang kita ketahui, biaya operasi katarak berkisar antara 3,5 juta hingga 26 juta tergantung dari peralatan yang digunakan dan fasilitas yang didapat pasien. Angka ini tentu saja angka yang cukup besar bagi masyarakat golongan tidak mampu termasuk untuk keluarga mbah Pairah.

Mbah Pairah dan Bu Siti

Lain orang lain pula kisahnya. Seorang pasien operasi katarak yang enggan menyebutkan namanya mengaku sudah dua tahun mengalami buta akibat katarak. Awal mulanya ia hanya merasa gatal. Namun lama kelamaan pandangan menjadi kabur dan akhirnya gelap sama sekali. Simbah yang tinggal di Kaliagung Sentolo Kulonprogo ini sangat bersyukur dapat mengikuti operasi katarak gratis oleh Yayasan Dharmais. Ia berharap setelah mengikuti program ini, ia segera dapat melihat dengan jelas dan jernih kembali.

“Ini wujud daripada kepedulian Yayasan Dharmais yang didirikan oleh Pak Harto untuk membantu masyarakat terutama di Kulon Progo untuk operasi katarak ini.” Kata Siti Hardiyanti Hastuti Rukmana, Pembina Yayasan Dharmais. “Setiap tahun kami lakukan di Jogja dan kabupaten-kabupaten lain kita keliling” imbuhnya.

Kegiatan Yayasan Dharmais Selama Ini

Tidak hanya katarak, Yayasan Dharmais juga membantu penderita penyakit lain. Pada tahun sebelumnya, yayasan yang didirikan oleh Presiden Indonesia ke 2 tersebut mengadakan operasi bibir sumbing dan langit-langit di Rumah Sakit Khusus Bedah, Ringroad Selatan Jogja. Pernah juga membantu obat-obatan dan operasi Thalasaemia yang bekerja sama dengan Yayasan Thalassaemia Indonesia.

baca juga : Operasi Gratis Bibir Sumbing dan Langit-langit di RSKB Jogja

Cangkok mata bekerja sama dengan Bank Mata. Melatih 6.462 kader kewirausahaan. Membantu 1850 unit panti asuhan. Bantuan pengobatan untuk penderita Kusta. Membangun RS Dharmais sebagai rumah sakit khusus Kanker dan masih banyak lagi.

Tercatat sejak tahun 1976 hingga Januari 2018, Yayasan Dharmais sudah menggelontorkan dana sebesar Rp 1.073.941.571.505 untuk membantu masyarakat yang kurang mampu dalam berbagai hal. Operasi katarak hanyalah salah satunya.

Kontak Yayasan Dharmais

Yayasan Dharmais sangat terbuka dan siap untuk disambangi bagi siapapun yang membutuhkan bantuan. Jika Anda sendiri atau ada kenalan yang layak dibantu, silakan datang atau menghubungi nomor kontak berikut.

Gedung Granadi. Lantai 5. Jl HR. Rasuna Said Kav. 8-9. Kuningan – Jakarta Selatan 12950.
Telp : 021-252 2745.
Fax : 021-252 1625.

source :
www.klinikmatanusantara.com/article/berapakah-biaya-operasi-katarak-menggunakan-laser-

Wawan: Member dari Komunitas Blogger Jogja. Sedang belajar menjadi blogger yang baik meski banyak gagalnya. Kadang masih suka ngojol, tapi banyakan ngojolnya sih. Gambar lelaki tampan di sebelah kiri mengenakan jaket army look itu, saya, saat negara api belum menyerang. Kalo di bawah ini, icon share. Klik aja buat tahu cara kerjanya. Di bawahnya lagi, iklan.