Seru Banget! Wisata Asik Bareng Yamaha di Pantai Sepanjang

Wisata Asik Bareng Yamaha di Pantai Sepanjang

wisata asik bareng Yamaha (4)

Yamaha bukanlah nama baru di telinga saya. Beberapa tahun yang lalu, saya pernah menjadi bagian dari keluarga besar perusahaan motor ini. Namun, baru tanggal 14 Januari 2017 kemarin bisa berkesempatan ikut wisata asik bareng Yamaha ke Pantai Sepanjang, Gunung Kidul, Yogya. Seperti namanya, acaranya memang asik. Tapi ..

Adalah sebuah kewajiban yang menjadi tanggungan semua produsen kendaraan bermotor di Indonesia, yang tidak hanya memproduksi kendaraan namun juga harus menyebarkan ilmu berkendara yang aman dan benar kepada masyarakat. Hal itulah yang mendasari Yamaha membangun banyak akademi berkendara di kota-kota besar di seluruh Indonesia.

Tidak hanya itu, Yamaha juga turut berpartisipasi dalam mengangkat wisata lokal yang berada di sekitarnya. Melalui salah satu dealer Yamaha, Sumber Baru Motor Kalasan, Yamaha mengadakan acara Wisata Asik Naik Yamaha bersama Blogger Jogja. Acara yang diikuti oleh blogger dan vlogger di Jogja dan Jateng tersebut berlangsung lancar, asik dan kekeluargaan.

wisata asik bareng Yamaha

Acara Touring yang juga melibatkan polisi pariwisata setempat ini menuju pantai Sepanjang. Sebuah pantai di Gunung Kidul yang beralamat di Kemadang, Tanjungsari, Kabupaten Gunung Kidul. Pantai ini mudah diakses oleh berbagai jenis kendaraan. Mulai dari kendaraan roda dua hingga bus besar yang membawa banyak penumpang. Lahan parkir yang tersedia bisa menampung banyak bus dan mobil pengunjung.

wisata kuliner di pantai sepanjang

Selain wisata pantai, pengunjung juga bisa berwisata kuliner di pantai Sepanjang ini. Banyak kedai makan yang dibangun di kanan kiri pantai. Umumnya menu yang ditawarkan tidak jauh dari menu seafood, tapi jika pengunjung menginginkan menu lain, hal tersebut bisa dibicarakan.

Saat rombongan tiba, kurang lebih pukul 11.00 WIB, pantai Sepanjang belumlah surut. Sehingga fauna laut yang biasa muncul belum terlihat. Ombak saat itu masih cukup besar. Selepas tengah hari, biasanya permukaan laut sudah surut dan nampaklah ganggang serta biota laut yang berada di sekitarnya. Pengunjung boleh saja bermain-main di dekat ganggang, mencari atau mengamati fauna yang ada, namun harus tetap berhati-hati. Jangan sampai tersengat hewan atau terpeleset.

wisata asik bareng Yamaha (2)

Wisata asik bareng Yamaha ini tidak hanya touring menuju pantai Sepanjang saja. Namun juga diisi berbagai acara outbond. Tercatat ada 4 jenis permainan yang dimainkan para peserta saat itu. Permainan pertama, satu kelompok berisi 5 personel ditutup matanya, kemudian mereka semua dipisahkan. Tugasnya adalah harus mengumpulkan teman satu kelompoknya yang terpisah-pisah tersebut. Menariknya, mereka tidak diperbolehkan memanggil nama. Melainkan menggunakan suara hewan yang telah disepakati bersama. Lucu kan ya. Bisa dibayangkan kegaduhan yang terjadi. Sementara saat itu ada 4 kelompok dengan suara hewan yang berbeda. Pantai Sepanjang saat itu riuh sekali.

Permainan kedua tidak kalah menarik. Permainan ini membutuhkan kerja sama tim dan kesabaran ekstra. Dua orang peserta memegang ujung dari dua utas tali. Dengan menggunakan tali tersebut, mereka diharuskan untuk mengangkat corong plastik dan bola-bola plastik kemudian menaruhnya di piring yang telah disediakan. Permainan ini cukup sulit. Kesabaran perlu dicas ulang jika sudah habis. Lihat gambar di bawah.

Tarik talinya dan angkat bolanya. Source foto dari http://nickenblackcat.blogspot.co.id/

Permainan ketiga ini sangat istimewa. Satu kelompok yang berisi 5 orang dibekali 5 gelas plastik. Dengan gelas plastik tersebut, mereka harus memindahkan air dari ember satu ke ember yang lain. Terdengar sangat mudah, bukan?

Tetapi, gelas plastik tersebut harus diikatkan ke bagian tubuh peserta. Nah ini yang menarik. Peserta pertama mengikatkan gelas plastik di pergelangan tangan, peserta kedua di lengan bagian atas. Peserta ketiga di kepala, peserta empat di paha sementara peserta kelima di pergelangan kaki. Alurnya adalah, peserta pertama mengambil air kemudian dituangkan ke peserta kedua, kemudian peserta kedua menuangkannya ke peserta ketiga demikian seterusnya. Permainan ini sangat lucu. Lebih-lebih mereka yang mendapat bagian di paha dan pergelangan kaki. Jungkir balik menuangkan air. Sungguh, para peserta sukses dikerjain oleh tim dari Yamaha.

Permainan keempat mudah saja. Satu kelompok berisi lima orang harus membuat semacam tali yang panjang menggunakan apa saja yang menempel di tubuhnya saat itu. Kelompok yang bisa membuat garis paling panjang, dialah pemenangnya. Kontan saja, para peserta melepas apa saja yang mereka kenakan. Sepatu diletakkan, tali tepatunya diulur sedemikian rupa, baju dilepas bahkan demi memenangkan permainan terakhir ini mereka rela tidur di atas pasir agar “garis” yang mereka buat semakin panjang. Bayangkan saja, tengah hari saat matahari masih tinggi tiduran di atas pasir pantai tanpa mengenakan baju. Hangus iya, menang engga. Untungnya lagi tidak ada satpol pp lewat ya. :v

Gagah tenan . . . . . . . . . . . . . motornya

A photo posted by Wawan Jogja ℹ (@wawanjogja) on

Jika sebelumnya saya menaiki Nmax pada acara Safety Riding bersama YRA (Yamaha Riding Academy), maka pada kesempatan wisata asik bareng Yamaha kemarin saya menikmati merdunya deru mesin Xabre. Motor bermesin “150cc rasa moge” ini secara tampang, style-nya ganteng banget.

Yamaha Xabre

Selain Xabre, ada juga MT 25, Nmax, R25, Vixion, Jupiter, Mio Z, Xride, yang dikendarai para peserta. Tidak ada halangan baik itu kendala mesin ataupun kejadian yang tidak diinginkan baik saat berangkat dari Sumber Baru Motor Kalasan maupun saat kepulangan dari Pantai Sepanjang. Mesin Yamaha tangguh di segala medan.

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai