kue lebaranAdvertorial 

Trik Mempersiapkan Kue Lebaran Agar Lebih Spesial

Tips yang Bisa Anda Lakukan untuk Mempersiapkan Kue Lebaran Lebih Spesial

kue lebaran
image taken from bukalapak.com

Menjelang lebaran segala macam kebutuhan baik dari pakaian, makanan dan semua hal menjadi salah satu hal yang tidak boleh untuk dilewatkan. Untuk makanan, biasanya lebaran diwarnai dengan hadirnya berbagai macam makanan rumahan, seperti ketupat, opor ayam, sambal goreng, dlsb.

Sebagai pelengkap tak ketinggalan aneka kue kering lebaran turut memeriahkan. Kue lebaran sangat beraneka ragam sehingga Anda bisa memilih sesuai dengan selera masing-masing, mulai dari kue nastar, kastengel, putri salju, dan masih banyak lagi.

kue lebaran
image taken from bukalapak.com

Lebaran tanpa hadirnya kue-kue ini tentu akan sangat membosankan. Sehingga tak heran hampir di setiap-setiap rumah menjelang lebaran pasti menyediakan kue kering sebagai salah satu suguhannya. Kue-kue ini biasanya banyak dijual di pusat perbelanjaan dan toko online menjelang lebaran dan selalu habis diserbu oleh pembeli. Terutama bagi mereka yang tidak memiliki keahlian membuat kue dan lebih memilih untuk membeli kue kemasan dalam toples yang sudah jadi. Hal ini sah-sah saja asalkan Anda teliti memilih produk yang tidak hanya lezat untuk dimakan namun juga baik untuk kesehatan. Untuk mempersiapkan kue kering lebaran, ada beberapa tips yang bisa Anda lakukan, antara lain sebagai berikut.

resep kue kering nastar candy pop
Nastar POP. image from koleksi pribadi.

 

  1. Melihat tanggal kadaluarsa pada kemasan kue.

    Saat Anda memutuskan untuk membeli kue lebaran dalam kemasan, maka sebaiknya lakukan pengecekan terlebih dahulu untuk tanggal kadaluarsanya pada bagian kemasannya. Kue yang kadaluarsa tentu tidak layak untuk disajikan untuk tamu maupun kita mengingat bisa membahayakan kesehatan. Jika Anda membeli kue yang tidak memiliki kemasan, maka Anda bisa mengetahui kue masih layak konsumsi atau tidak dari warna dan baunya. Jika kue sudah mengeluarkan aroma yang tidak enak dan sudah terlihat jamur pada permukaannya maka kue tersebut sudah tidak layak untuk dimakan.

  2. Pemilihan tempat kue.

    Untuk menyimpan kue kering lebaran sebaiknya diletakkan dalam wadah toples yang kedap udara sehingga kue terus terjaga kerenyahannya. Namun jika Anda menyediakan jenis kue basah, penggunaan piring ceper akan terlihat lebih manis. Jika Anda mempunyai anak kecil di rumah, menggunakan toples dari bahan plastik akan sangat tepat digunakan untuk mengantisipasi toples pecah jika tersenggol oleh si kecil.

  3. Mengatur kue dengan rapi.

    Saat menyusun kue kering dalam toples sebaiknya Anda susun sedemikian rupa agar terlihat lebih menarik. Letakkan kue yang memiliki rasa yang sama ke dalam satu tempat agar rasa serta aroma kue tidak saling bercampur. Jika menyajikan kue basah untuk suguhan, sebaiknya potong-potong terlebih dahulu untuk memudahkan tamu saat mengambilnya.

  4. Mengatur peletakan kue di meja.

    Setelah selesai mengatur kue kering di dalam toples, selanjutnya Anda bisa mulai meletakkan toples-toples kue kering tersebut di meja. Anda bisa mengatur peletakan toples dan piring yang berisi kue basah dengan cara membagi meja menjadi dua bagian. Sebagian untuk meletakkan toples dan sebagian lainnya lagi untuk kue yang berada di piringan. Hal ini bertujuan agar toples tidak menghalangi saat tamu akan mengambil kue yang berada di piring.

  5. Jangan menyajikan kue sekaligus.

    Saat lebaran biasanya setiap rumah-rumah mengadakan open house sehingga tamu-tamu yang datang tidak hanya dari keluarga dekat saja. Bahkan tetangga-tetangga satu lingkungan juga akan berdatangan bertamu ke rumah-rumah kita dengan waktu kedatangan yang berbeda-beda. Jangan sampai kita kehabisan kue lebaran di saat masih banyak tamu yang berkunjung. Untuk mengantisipasinya, kita bisa menyimpan sebagian persediaan kue yang ada dan mengeluarkannya saat kue yang harus disuguhkan sudah menipis.

baca juga : Resep Kue Bolu Pisang Lezat yang mudah dibuat. Yuk dicoba

 

Related posts

2 Thoughts to “Trik Mempersiapkan Kue Lebaran Agar Lebih Spesial”

  1. […] Trik Mempersiapkan Kue Lebaran agar lebih spesial […]

  2. […] baca juga : Trik mempersiapkan Kue Lebaran agar lebih spesial […]

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: