Belajar Blog bersama : Setia Adi Firmansyah

KBJ memang engga ada matinya. Memiliki member yang tidak ada duanya. Baik yang ngocol, super ngocol sampai yang ngocol kw 2. Membernya beragam, ada yang Penulis, Internet Marketer, Jawara SEO, Konten Writer, Penerbit, Percetakan, Dokter, bahkan pengangguran seperti saya bisa bergabung kedalamnya. Blogger Jogja memang maksimal.

Kesempatan kali ini, kami ingin membagikan ilmu yang sudah ditularkan oleh salah seorang member KBJ. Ia adalah seorang ahli IT. Pemilik blog VirmansyahΒ yang getol wara-wiri Klaten – Solo. Seorang blogpreuner dengan Kaos Be-Ol dan mendambakan wanita muslimah untuk menjadi pendamping hidupnya kelak.

Berikut ini adalah sebagian dari sharing ilmu dari Setia Adi Firmansyah

bukan wajah asli, hanya foto profilnya

Pernah lihat etalase yang ada di toko-toko atau mungkin sebuah butik batik misalnya?
pasti barang yang di display dan yang terlihat di mata pengunjung toko pertama kali adalah produk yang paling banyak disukai orang ataupun produk baru.
produk yang disukai orang ini tentunya produk yang sering dibeli.

Begitu juga dengan sebuah mesin pencari seperti Google. Halaman pertama kedua, ibarat sebuah etalasenya. Google menempatkan blog-blog/web-web orang yang sering dikunjungi maupun memiliki kesamaan dengan apa yang dicari pengunjung.

Dari sini bisa diambil kesimpulan bahwa untuk membuat halaman website menjadi muncul di halaman pertama mesin pencari seperti Google, bisa dilakukan dengan langkah-langkah yang hampir diinginkan mesin pencari, yaitu blog yang Visitor Friendly. Dari situ lantas banyak orang mulai mencari celah-celah, teknik-teknik untuk membuat sebuah blog seolah-olah memang yang diinginkan mesin pencari.

Beberapa contoh diantaranya adalah :

1. Menanam Backlink
Sebuah Butik Batik akan memajang produk terbaru dan terlarisnya di etalase terdepan yang ketika calon konsumennya datang akan melihat dan tertarik untuk membelinya. Nah, dalam menentukan produk yang akan dipajang di etalase depan ini pemiliki Butik tentu memiliki beberapa mekanisme, misalnya mencari produk yang paling banyak dibeli orang, mencari produk yang pernah dibeli oleh orang yang memiliki kredibiltas, misalnya Presiden.
Ini seperti halnya dalam menanam backlink, Dengan menaruh link web blog kita ke web blog lain dipercaya akan meningkatkan kredibilitas blog kita dimata mesin pencari. Lagi-lagi mesin pencari mencari blog yang disukai pengunjung. Menanam backlink pasti mayoritas di website yang ber-Pagerank. Pagerank diberikan Google dengan alasan website tersebut memiliki kredibilitas. Sehingga ini dipercaya dapat digunakan untuk menanam backlink yang berkualitas.

2. Share ke sosial media
Produk-produk batik yang sering ditawarkan dan dipromosikan apalagi dipromosikan ditempat-tempat yang memang memiliki “nama”. Misalnya di mall-mall besar, galeri yang sudah terkenal dsb. Hal ini sama juga dengan menshare ke sosial media, dengan share ke sosial media ini dianggap blog kita juga memiliki tambahan nilai untuk mampu ditempatkan diposisi pertama.

3. On Page Rapi
Baju batik yang jahitannya kuat, motif batiknya bagus, unik, rapi, dll pastinya menjadi salah aspek untuk dapat ditempatkan di etalase terdepan. Produk yang bagus memberi kesan pasa keseluruhan produknya, oleh karena itu pemilik butik memang harus menyeleksi produk-produknya agar berkualitas dan rapi. Begitu juga dengan blog kita, blog yang memiliki struktur offpage yang rapi tentunya menjadi prioritas untuk dapat ditempatkan di urutan pertama.

Gimana bro tips buat blog diatas? Penyampaian yang mudah dipahami bukan. Nantikan sharing ilmu dari Member KBJ lainnya ya.
Hanya disini.

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai