Tips Untuk Kamu yang Ingin Liburan di Bandung saat Akhir Pekan

Tips Untuk Kamu yang Ingin Liburan di Bandung saat Akhir Pekan

Source: https://cdn.pixabay.com/photo/2017/05/23/12/41/white-crater-2337128_960_720.jpg

Saat libur akhir pekan, Bandung adalah salah satu destinasi wisata favorit yang banyak dikunjungi wisatawan. Di kota berjuluk Paris van Java ini, banyak kegiatan menarik yang bisa dilakukan oleh para traveller. Mulai dari wisata kuliner, belanja kebutuhan fesyen branded dengan harga murah, sampai menikmati pemandangan alam pegunungannya yang sangat indah. Selain itu, Bandung juga merupakan salah satu destinasi wisata di Indonesia yang aksesnya mudah dijangkau. Di sini, terdapat bandara, terminal bis besar, stasiun kereta api, dan jalan Tol yang menghubungkan Bandung dengan Jakarta.

Untuk kamu yang memilih untuk menghabiskan libur akhir pekan di Bandung, khususnya yang berasal dari Jakarta dan sekitarnya, ada beberapa tips menarik agar momen liburanmu bisa lebih menyenangkan, di antaranya.

  • Kenali Waktu-waktu yang Rawan Kemacetan

Tiap akhir pekan, Bandung selalu diserbu ribuan pengunjung dari berbagai kota. Ada yang datang untuk berwisata, ada juga perantau asal Bandung yang sedang pulang kampung. Sangking banyaknya orang-orang yang datang ke Bandung, sering terjadi kemacetan parah di ruas Tol dari arah Jakarta menuju Bandung. Bahkan, perjalanan dari Jakarta ke Bandung yang harusnya bisa ditempuh selama sekitar 3 jam bisa berubah menjadi lebih dari 6 jam. Agar terhindar dari kemacetan parah, sebaiknya kamu kenali terlebih dahulu kapan saja kemacetan lalu lintas menuju Bandung terjadi. Hal ini juga berlaku untuk perjalanan pulang dari Bandung menuju Jakarta saat libur akhir pekan selesai.  Fyi, kemacetan dari arah Jakarta menuju bandung paling sering terjadi pada hari Jumat malam dan Sabtu siang. Sedangkan untuk perjalanan pulang dari Bandung ke arah Jakarta, kemacetan yang paling parah sering terjadi saat minggu malam atau Senin Pagi.

  • Gunakan Kereta Api

Untuk kamu yang bertujuan untuk berwisata di wilayah perkotaan dan malas untuk berhadapan dengan kemacetan di jalan Tol, naik kereta api bisa jadi alternatif yang sangat menarik. Dengan menaiki kereta api, waktu tempuh yang diperlukan relatif lebih singkat dan lebih dapat diukur. Untuk bepergian ke tempat-tempat tertentu di kawasan perkotaan. Kamu bisa menyewa kendaraan atau menaiki moda transportasi berbasis online yang sangat mudah ditemukan. Namun, pastikan untuk memesan tiket kereta api untuk pulang dan pergi sejak jauh hari agar tidak kehabisan.

  • Berperilaku Baik dalam Berkendara

Kalau kamu memilih untuk membawa kendaraan pribadi, hindarilah perilaku-perilaku negatif seperti membuang sampah dari kendaraan ke jalan raya, parkir sembarangan di atas trotoar, ugal-ugalan, dan sebagainya. Selain melanggar aturan, hal ini berpotensi membuat ulah negatif kamu menjadi viral di media sosial karena warga Bandung cukup aktif untuk melaporkan segala hal yang dianggap negatif seperti ini lewat media sosial. Apalagi walikotanya pun cukup aktif di media sosial. Pelaporan seperti ini adalah salah satu cara untuk menimbulkan efek jera buat setiap orang yang melakukan hal negatif seperti yang sudah disebutkan sebelumnya.

  • Membawa Pakaian Hangat

Di malam hari, ada banyak hal seru yang bisa kamu lakukan di Bandung, salah satunya wisata kuliner. Sedangkan cuaca di Bandung saat malam hari, khususnya di kawasan wisata relatif dingin. Untuk itu, pastikan untuk selalu membawa pakaian hangat agar kamu bisa lebih bebas beraktifitas tanpa harus mengalami kedinginan. Sebagai upaya pencegahan dari sakit, kamu bisa membawa beberapa jenis obat-obatan seperti anti-masuk angin, obat flu, dan lainnya.

  • Selalu Membawa GPS

Meskipun tidak serumit Jakarta, tapi cukup banyak wisatawan yang tersesat di Bandung meskipun sudah ada penunjuk jalan yang terpasang di berbagai titik. Untuk itu, bawalah selalu GPS atau Google Map untuk memandumu agar bisa sampai ke tempat tujuan dengan lebih mudah. Selain itu, GPS atau Google Maps bisa membantumu untuk menemukan jalur alternatif atau “jalan tikus” guna menghindari kemacetan lalu lintas.

  • Pesan Penginapan di Dekat Kawasan Wisata

Agar lebih mudah diakses dan hemat waktu, pilihlah penginapan yang lokasinya berdekatan dengan tempat wisata yang akan kamu tuju. Soalnya, kawasan wisata di Bandung akan jauh lebih padat saat akhir pekan. Kemacetan pun sering terjadi karena banyaknya kendaraan yang melintas.

Selain itu, sebaiknya kamu juga memesan penginapan sejak jauh hari. Hal ini untuk memastikan kalau kamu tidak kehabisan kamar di hotel yang ingin kamu pilih. Jadi, kamu harus rajin mencari  List hotel murah di Bandung sebelum berkunjung ke sini. Kamu juga bisa Cari hotel murah di www.reservasi.com. Ada banyak pilihan hotel menarik di lokasi yang strategis yang bisa kamu pesan dengan penawaran harga terbaik.

Sekarang, kamu hanya perlu menyusun rencana perjalanan ke Bandung. Pilihlah tempat-tempat wisata yang lagi hits di media sosial. Jangan lupa, ajak teman atau keluargamu sebanyak-banyaknya agar momen liburanmu di Bandung bisa lebih seru dan berkesan.

Wilujeung sumping di Bandung.

baca juga : Liburan Lebaran enaknya kemana ya? Ini tempat asik di Jogja untuk Keluarga

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai