Sugeng Tindhak GBPH Haji Joyokusumo

Sebuah twit muncul di layar hape sore tadi. Setengah berseru, istri yang sedang memegang hape tersebut menanyakan siapa yang meninggal. Bingung. Itu reaksi pertama yang saya rasakan. Dia yang pegang kok malah nanya. Maksud hati ingin mengambil alih namun saya urungkan. Terlihat ia sangat fokus memperhatikan kata demi kata yang tertulis disana.

“Innalillahi” ucapnya. Karena didorong rasa penasaran, saya ambil alih dan mulai mengamati pesan yang ditampilkan. Terlihat twit dari TepasParentahHageng @ParentahHageng, berbunyi “Gusti Joyo meninggal dunia di RS Medistra Jakarta, rencana jenazah malam ini dibawa ke Yogya #LelayuKaraton
“Innalillahi” ucap saya pelan.

GBPH Haji Joyokusumo atau yang lebih dikenal dengan Prince Joyo adalah adik dari Sri Sultan Hamengkubuwono X. Beliau meninggal di Rumah Sakit Medistra Jakarta. Menurut kabar yang beredar, beliau meninggal karena komplikasi penyakit jantung, ginjal dan diabetes. Jenazah GBPH Haji Joyokusumo akan disemayamken di nDalem Joyokusuman, Jl. Rotowijayan.

Sebuah kabar yang menyentak hati. Disaat hiruk pikuk perayaan tahun baru, Keraton Yogyakarta berduka. Hal ini juga menjadi perhatian seluruh pedagang yang ada perayaan pasar malam sekaten. Mereka mematikan musik yang biasa dinyalakan sebagai hiburan.

Selamat jalan Gusti Joyo. Sugeng tindhak.
Semoga semua amal kebajikan diterima disisi Allah SWT.

GBPH H Joyokusumo

foto meminjam @ParentahHageng

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai