Segoro Amarto

Segoro Amarto adalah gagasan mulia dari Sri Sultan Hamengkubuwono X untuk menggerakkan daya sosial masyarakat dengan lebih komprehensif sekaligus penanganan kemiskinan secara terpadu. Gerakan ini lebih pada perubahan nilai yang tercermin pada sikap, perilaku, gaya hidup, dan wujud kebersamaan dalam kehidupan untuk menjadi lebih baik dan mencakup semua aspek fisik dan non fisik.

Gerakan kultural ini dimaksudkan untuk menumbuh kembangkan nilai-nilai gotong royong, kepedulian, dan kemandirian di antara warga Yogyakarta. Serta membangun jiwa kedisiplinan, kemandirian, kepedulian sosial demi keberhasilan pembangunan bersama.

Pesan sosial dalam gerakan inilah yang ingin disampaikan oleh Gank X Acoustic lewat lagunya Segoro Amarto yang rilis baru-baru ini. Sebuah kelompok musik etnik asal kampung Minggiran yang sering muncul di setiap event di Yogyakarta. Terbentuk pada Mei 2006 dan aktif hingga sekarang.

Lagu Segoro Amarto berisi pesan sosial yang patut untuk didengar karena sarat akan ajaran hidup, senafas dengan tujuan gerakan Segoro Amarto gagasan Ngarsa Dalem. Aransemen lagu berupa keroncong dangdut dengan diawali gesekan biola yang syahdu dan harmoni yang disuguhkan mampu membuat pendengarnya ingin memutarnya kembali. Lagi dan lagi.

Berikut sepenggal lirik dari lagu Segoro Amarto

Segoro Amarto, gotong royong mbangun yogyakarta. tansah asih asuh, tulus ing makaryo, nentremke pikir nyehatke rasa. segara amarta, agawe majuning yogyakarta, nyawiji ing tekad, nyawiji ing smangat, nuju yogyakarta kang manfaat.

Silahkan kunjungi Gank-X Acoustic di Reverbnation untuk mendengarkannya. Ada karya Gank-X lainnya disana. Selamat menikmati.

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai