Gampang, Resep kue kering lebaran yang penuh warna

Resep Kue Kering Sederhana, Cepat, Mudah.

Kali ini saya ingin membagikan resep kue kering yang pernah kami gunakan untuk menjalankan usaha kue kering beberapa waktu silam. Kebetulan, saya dan istri pernah menjalankan bisnis ini sebelumnya. Karena beberapa alasan, bisnis ini terpaksa dihentikan hingga waktu yang tidak ditentukan.

Saya akan tuliskan disini semampu saya mengingat apa saja yang kami lakukan untuk membuat kue kering. Resep kue kering memang ada banyak di Google. Kamu bisa saja mencarinya dan mempraktekkannya. Tapi biasanya akan ada banyak mis yang terjadi. Karena ada faktor yang benar-benar menentukan yang membuat hasilnya berbeda dari yang kamu buat. Mungkin saja kamu berkilah,”saya sudah mencontoh persis dengan resep kue kering yang ditulis di buku atau blog”. Kamu lantas bertanya, “apa yang salah ya?”

Tidak ada yang salah. Kamu benar kok. Resep kue kering tersebut juga tidak salah. Yang membedakan adalah faktor pengalaman saja. Sekedar berbagi pengalaman ya, saya dan istri pernah menghabiskan satu sak tepung gandum hanya untuk belajar membuat roti lho. Baik itu roti basah maupun kue kering. Satu sak tepung gandum itu sekitar 50 kg beratnya.

Kamu bilang “wow”? Jangan. Saya yakin, banyak yang lebih dari sekedar satu sak gandum. Para ahli roti di luar sana pasti menghabiskan banyak kilo tepung gandum hanya untuk belajar. Saya percaya hal itu.

Resep kue kering cara kami

Kami mencari resep kue kering melalui buku dan internet. Kami lihat persamaan dan perbedaan resep-resep tersebut. Kami praktekkan resep tersebut? Tentu saja. Untuk mencari tahu seperti apa rasa yang dihasilkan. Kelebihan dan kekurangannya. Nah, mulai titik ini kami bereksperimen.

Nekat. Yup, kata itu yang kami terapkan. Kami ngga ada basis pengetahuan tentang perotian atau perkuean. Juga tidak sekolah di tata boga atau semacamnya. Hanya karena suka roti dan kue kering, jadilah kami ngumpet di dapur untuk mengolah gandum menjadi sebongkah roti lembut yang ketika disobek mengeluarkan aroma wangi dan bercita rasa menggoda.

Saat itu kami menyiapkan (porsi kecil ):
250gr Margarin, 100gr Gula Halus, Vanili secukupnya, 4 Telur, 700gr Gandum, 5 sendok makan Susu Bubuk, Garam bubuk secukupnya, Spatula kayu, Wadah aluminium, tangan yang bersih. Setelah itu kami bersiap untuk mengolah bahan-bahan tersebut.

Kami campur Margarin + gula halus + Vanili + kuning telur menjadi satu adonan pertama. Kenapa harus gula halus? agar lebih mudah bercampur ke dalam adonan. Kalau menggunakan gula kristal nanti dikhawatirkan tidak dapat bercampur dengan maksimal. Kenapa diambil dan dipakai kuning telurnya saja? karena mau bikin nastar, bukan lidah kucing. :v

Setelah adonan pertama selesai, giliran Gandum, Susu Bubuk dan Garam bubuk, dicampur. Pastikan tiga bahan tadi sudah benar-benar tercampur rata. Jika sudah yakin rata, masukkan sedikit-demi sedikit ke dalam adonan pertama.

Masukinnya sedikit aja, lalu diaduk dengan spatula. Masukin lagi, diaduk dengan spatula lagi. Begitu seterusnya. Spatula yang disarankan lebih baik menggunakan spatula dari kayu. Kenapa? karena jika menggunakan spatula yang lain, dikhawatirkan akan membuat lembek adonan dan susah dibentuk. Dikhawatirkan akan mengirimkan panas yang membuat mentega mencair. Kenapa tidak pakai tangan saja, kan lebih efisien karena lebih cepat? Mengaduk dengan spatula sangat menyusahkan.

Karena tangan kita cenderung hangat. Bisa meningkatkan suhu mentega dan membuatnya mencair. Adonan lembek dan tidak bisa dibentuk. Pengadukan ini terus dilakukan hingga adonan tidak lengket pada wadah. Bahasa kerennya adalah sampai kalis dan adonan bisa dibentuk.

Adonan sudah jadi kan ya?

Sekarang kita bentuk sesuai selera. Jika kamu buat serupa bola-bola kecil maka akan menjadi kue kering nastar yang menarik untuk digigit. Saat membuat bulatan, jangan terlalu lama berada di tangan. Adonan bisa basah karena mentega perlahan mencair dan susah dibentuk. Kalau adonan bulat tadi kamu isi potongan coklat kecil, dikhawatirkan akan membuat celah keluarnya coklat saat pemanggangan nanti.

Jika kamu menggunakan cengkeh sebagai hiasan nastar, pastikan cengkeh tertanam cukup dalam. Agar nanti tidak mudah lepas saat pemanggangan. Hiasan lain yang bisa kamu gunakan keju, coklat warna cair dan springkle. Keju cukup kamu serutkan diatas bola nastar secukupnya. Begitu juga sprinkle. Warna-warni yang cerah membuat anak-anak suka. Penggunaan coklat warna cair adalah beberapa saat sebelum nastar masuk ke dalam toples. Caranya, cairkan terlebih dulu batang coklat diatas kompor dengan api kecil. Setelah mencair, ambil nastar dan celupkan ke dalam coklat cair tersebut. Dinginkan dan masukkan ke dalam toples. Memasukkan nastar candy pop ke dalam toples harus dalam keadaan benar-benar dingin. Jika tidak, coklat tersebut bisa rusak ketika nastar lain berada diatasnya. Dan, harus sekali jadi. Jangan bongkar pasang. Coklat tersebut sangat mudah kotor.

Penamaan akan menjadi sesuai hiasannya. Nastar cengkeh, nastar keju, Nastar springkle, nastar candy pop. Di bawah ini adalah salah satu buatan kami. Nastar Candy Pop dengan springkle diatasnya.

resep kue kering nastar candy pop

Nastar Candy Pop dengan taburan springkle dan cinta diatasnya

Sebenarnya, membuat adonan berdasarkan resep kue kering yang tersebar di Internet sudah berulang kali dicoba oleh mereka, hanya saja bedanya adalah perkara ketelitian. Hal tersebut muncul seiring bertambahnya usia.

Jadi, Kamu mau buat resep kue kering yang mana?

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai