#Qwordsroadshow : 9 Tahun Perjalanan Si Kata Kunci

#QwordsRoadshow

Ngobrol Seru Bersama Pakar Web Design & Kepenulisan

Suatu sore, di depan desktop. Tiba-tiba muncul notifikasi di akun facebookku. Ada kabar baru yang mengatakan Qwords datang lagi di Jogja. Wah, padahal belum lama ini Qwords ngebikin salah satu Angkringan di Jogja tumplek blek diisi oleh muka-muka spammer.  Dulu, di Angkringan Galau, Qwords dengan mba Abel-nya yang caem ituh bisa bikin semangat jombloers membara hanya dengan satu sapaan kecilnya. Sekarang, mau bikin “ulah” apa lagi ini si Kata Kunci?

Hari yang dijanjikan tiba. Lokasi #QwordsRoadshow kali ini di River Side, salah satu kafe di Kampung Kuliner Pringsewu. Sesuai namanya, River Side memang berada di sebelah sungai atau bahasa Jermannya adalah emper kalen. Memiliki sebuah kolam buatan tidak seberapa lebar dengan beberapa bebek dayung, yang menurut salah satu teman, cocok buat mereka yang ingin berolah raga. Pencahayaan yang temaram dengan gemericik air di tengah kolam serta pohon bambu dan sinar bulan purnama kala itu, menjadikan #QwordsAnniversary sangat romantis.

Namun sayang, keromantisan itu langsung sirna karena peserta yang datang kebanyakan Laki-laki!! Dan Jomblo !! Apalagi sosok yang berada di sekelilingku.

Sosok pertama itu adalah Dany, seorang designer baju web yang katanya tidak sedang jomblo tapi Jones. Sangat mencintai Blackberry-nya yang tidak berwarna hitam (black) tapi justru berwarna pink. Seharusnya ia menggantinya dengan Pinkberry. Mungkin kesulitan hidup coding udah ngerubah orientasinya. :v

Sosok yang kedua bernama Nug, seorang jomblowan yang sangat mengidolakan Pak Tifatul. Hanya bedanya, Pak Tifatul berkata “Internet cepat buat apa” sedangkan Nug berkata “Mikir cepat buat apa”.

Kami terlibat pembicaraan penting. Pembicaraan yang apabila diketahui negara lain akan membahayakan keadaan negara ini. Pembicaraan tersebut diawali dengan pertanyaan Nug “Ini kapan makannya?” dan diskusi tersebut diakhiri dengan pengumuman “Teman-teman silahkan makan dulu, harap antri dari sisi kanan ya” oleh Tetua KBJ Iwan Restiono. Terlihat wajah sumringah Nug dan Dany. Wajahnya tiba-tiba bercahaya. Karena mereka berdua berada disisi yang disebutkan. :v
Terima kasih dulu dong sama Qwords.com yang udah traktir. Semoga berkah ya.

Ternyata, ikan gorengnya pemalu banget. Ngga berani nongol, maunya ngumpet di dalem perut. hahaha

Selesai makan, acara dimulai. Sapaan duet mc, mba Abel dan Temannya – ah saya lupa namanya, terpesona kecantikannya sih – membuat segar atmosfer pojok River Side malam itu. Acara baru saja mulai, mereka berdua  sudah membagikan hadiah.

Dipangillah peserta #Qwordsroadshow yang sudah menggunakan layanan Qwords. Ternyata ada satu orang yang sudah menggunakan. Wah, beruntungnya dia. Sebelum kembali ketempat duduk, ia diberi “pesangon” dari duet mc jelita itu. Peserta jomblo lainnya, mupeeeeng.

Materi 1 :  Kepenulisan

qwordsroadshow

mbak @Minigeka lagi siap-siap. dokumen penulis

Beranjak ke acara berikutnya, Mbak Mini GK si penulis Stand By Me dipanggil untuk memberikan petuah-petuahnya. Materi kepenulisan yang ia bawakan sedikit membuka mata tentang “dapur” novel yang telah ia buat. Ternyata tidak jarang penulis yang tidak mini itu harus berjalan malam hari, tidur di terminal dan bahkan menyusuri pasar sendirian demi penguasaan materi atau karakter yang akan ia buat.

Ada hal yang paling diingat dari materi kepenulisan yang disampaikan wanita penggemar pria berkacamata ini. Ia menyampaikan bahwa dengan menambahkan kalimat yang seksi akan membuat sebuah naskah tidak membosankan. Spontan Nug dan Dany beradu pandang. Dengan tersenyum binal, Dany berkata “ow, kalimat yang seksih“. Ampun Tuhan, jidatnya bersinar seperti bulan purnama. :v

Selesai materi pertama, pembagian hadiah dimulai lagi. Kali ini yang beruntung adalah mereka yang memiliki pulsa paling sedikit. Peserta “kendurenan” malam itu langsung cek pulsa miliknya. Ada yang dengan semangat memperlihatkan pulsa Rp. 10-nya. Dengan harapan tinggi, ia langsung berdiri menuju MC yang melambaikan tangannya mesra. Namun segera tersingkir karena pemilik pulsa Rp. 0 melangkah kedepan. Hahaha, kasihan. Belum beruntung ya mas.

Tidak berhenti disitu, dorpres dibagikan lagi. Sekarang giliran peserta diminta untuk membuka web Qwords.com dan pemenangnya adalah yang membuka paling cepat. Sudah pasti direspon dengan riuh. Beberapa langsung berdiri dan mengklaim sudah membuka web meski ternyata masih loading. Kondisi di depan panggung menjadi penuh sesak. Keputusan telah ditetapkan. 3 peserta pertama yang maju mendapatkan hadiah. Ikut senang deh, meskipun sebenarnya aku juga ikutan buka dan tampil ke depan.

Materi 2 : Web Design

@qwordsroadshow

Mas Seta. dokumen penulis

Saatnya pemateri berikutnya, Mas Seta owner Divren.com tampil ke panggung. Bersama dengan seorang “ajudan” ia mempresentasikan pentingnya web design. Beliau mengklaim hanya dengan design – tanpa SEO – mampu meraup hasil lebih banyak. Kurang lebih 7 kali lipat.

TANPA SEO!!

Wah, kata itu bagaikan anak panah Arjuna yang melesat dan menancap tepat di dada Drupada. Para ahli SEO – yang juga membuka jasa konsultan –  bagai kebakaran bulu ketek. Apalagi Mas Seta menambahkan dengan kalimat “Jika kalian masih melakukan hal tersebut ( baca : trik-trik SEO ) artinya kalian masih newbie

What??!!

Optimasi web tanpa SEO ?? Meraup hasil 7 kali lipat ?? Pakai SEO artinya masih Newbie ??

Bagaimana bisa??
Riuh peserta dibuatnya. Ada yang mengacungkan jari, ada yang ngupil, beberapa mengacungkan jari dan bekas upil.

Salah seorang member KBJ yang juga praktisi SEO mengacungkan jempolnya sambil berkata “Nanti ada diskusi kan mas?” ucapnya dengan wajah penuh harap. “Tentu saja” jawab Mas Seta meyakinkan.

Mas Seta menjelaskan, bahwa hal terpenting dari sebuah web itu bukanlah homepage. Karena homepage tidak menentukan keputusan user untuk membeli. Melainkan hanya membuat seorang user tertarik atau menuntaskan rasa penasarannya. Keputusan akan membeli atau tidak, menggunakan jasa yang ditawarkan atau tidak, ada di halaman Portofolio untuk web jasa dan halaman Product Page untuk web jualan online.

Sungguh, sangat mencerahkan. Terlebih bagi Newbie pangkat N macam aku ini. Jadi pengen bisa web design. Eh, dari pada itu, mending pake jasanya Mas Seta aja ya. Trus hostingnya di Qwords.com

Emang kenapa hosting harus di Qwords.com? Kenapa tidak!! Pertamina, RSCM, Samsung, Info Jakarta aja pakai jasa Hosting dan Servernya kok. Perusahaan gede lho ituh. Manteb ngga. Pasti penyedia layanan Domain, Hosting dan Server ini sangat terpercaya.

Hadiah Lagi, Lagi dan Lagi

Malam sudah semakin larut. Namun rembulan masih setia menemani meski sinarnya terhalang oleh sang awan malam itu. Romantisme “tahlilan” kala itu justru berada di titik puncaknya.

Pembagian Hadiah !! Yeeee!!

Aku yang dari awal acara sibuk twit mendadak terserang penyakit Ngarep Syndrome. Sebuah penyakit yang ditandai dengan gejala-gejala mulut menganga, mata membesar serta degub jantung yang tidak beraturan. Kondisi seperti itu akan semakin menjadi setiap pengumuman pemenang atau penyebutan nomor undian.

Terlebih, acara QwordsRoadShow ini melombakan Live Twit selama prosesi berlangsung. Waah, besar banget harapan buat menang. Siapa tahu bisa bawa pulang Tab atau hape yang dijanjikan.

Pengumuman pemenang Live Twit yaa” seru MCnya.

Yeaaaa!!” jawab para mupengers ngga kalah seru.

oke, ini ada @WawanSetyawan dan…..”

Yes, yes, yes namaku disebut. Kepala udah berasa makin gede aja tau namaku disebut jadi pemenang. Udah ngebayangin pulang bawa Tab atau Hape. Dany dengan shock teriak “orangnya udah pulaaang” sambil ngegelendot di kakiku. Wuaa, apa-apaan inih. Masa orang tua ngegelendot di kaki anak muda. :p

Penyerahan hadiah akhirnya tiba. Ini yang ditunggu.

“yak, Mas @wawansetyawan dan Mba @anggiazainur mendapatkan flashdisk…”

#mukabengong

#masihmukabengong

#mukabengong masih lama

*ditinggal benerin genteng aja sob, #mukabengong-nya masih lama.

.

flashdisk??

Kok Flashdisk?????

#qwordsroadshow

Flashdisk hadiah dari Qwords.com

Hiks hiks, inginnya tab atau hape. Tapi tak mengapa. Ini juga rezeki. Masukin tas buat nambah koleksi flashdisk.

Trus, kira-kira kapan lagi ya ada acara Qwords? Pasti akan ikutan lagi, sapa tau hadiahnya Laptop.

Ngarep Syndrome lagi deh.

 

fin

*Terima kasih banget, semoga sukses kedepannya. Rame kantor baru di Jogjanya. Jangan lupa, ajak kami lagi kalo bikin event. (y)

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai