Pentingnya Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama Kehidupan

Nutrisi Terbaik 1000 Hari Pertama Kehidupan

nutrisi terbaik

Tidak ada yang pernah mengatakan “melahirkan adalah menyenangkan”. Selalu saja dikatakan bahwa melahirkan adalah hal yang menyakitkan. Karena itulah kehamilan perlu dipersiapkan sejak dini. Melalui gizi yang cukup serta kondisi psikologis calon ibu hamil.

Nutricia Sarihusada berinisiatif melakukan edukasi kepada masyarakat agar lebih peduli akan nutrisi dengan memberikan info kesehatan dan nutrisi pangan. Seperti pada hari Sabtu kemarin, 10 Februari 2018 di Mezzanine Eatery & Coffee, untuk kesekian kalinya Nutricia Sarihusada mengadakan acara edukasi gizi yang dihadiri peserta dari berbagai kalangan.

nutrisi terbaik 1000hpk

narasumber acara NUB

Mengundang Dr. Endy Paryanto Prawirohartono, MPH. serta Bidan Nunik Endang S, SST.,SH.,M.SC. sebagai narasumber, acara ini dikemas dengan menarik. Dipandu oleh MC @ArtikaAmelia87 para peserta talkshow disuguhi informasi berharga tentang pentingnya menyediakan nutrisi terbaik 1000 hari pertama kehidupan.

Nutrisi terbaik dalam periode 1000 hari pertama kehidupan ini bukanlah dihitung dari kelahiran hingga usia ke seribu hari, melainkan dihitung sejak hari pertama pembuahan hingga hari ke-1000 setelah pembuahan tersebut. Mengapa ini menjadi penting dan perlu diperhatikan? Karena nutrisi terbaik 1000 hari ini akan menentukan masa depan.

Bagaimana tidak, gizi terbaik mutlak dibutuhkan oleh janin demi perkembangannya. Sementara gizi-gizi tersebut perlu dipersiapkan bahkan saat pra kehamilan. Sehingga ketika sesaat setelah pembuahan, janin sudah mendapatkan asupan gizi terbaik. Asam Folat, misalnya. Zat ini dapat membantu mencegah cacat lahir pada bagian otak dan sumsum tulang belakang pada bayi. Sehingga jika janin mengalami kekurangan Asam Folat, dikhawatirkan ia akan mengalami cacat seperti yang telah disebutkan di atas. Manfaat asam folat ini benar-benar dibutuhkan janin untuk perkembangannya.

Selain talkshow, Sari Husada juga mengadakan Cooking Class yang tentu saja berfokus pada kebutuhan gizi bagi ibu hamil dan anaknya. Peserta diajari meracik makanan yang lezat nan bergizi namun tetap mengundang selera. Seperti yang kita ketahui, anak-anak cenderung tidak menyukai makanan sehat. Nah, di acara kali ini, Bu Anna dan Chef @Rissa_Navratilova mengajarkan cara meraciknya.

Menu yang diajarkan adalah cara mengolah daun Katuk dan daun Kelor menjadi masakan lezat dan tinggi gizi. Manfaat daun Katuk ini begitu besar. Ia mengandung senyawa minyak esensial (saponin, flavooid, tanin, triterpenoid), sejumlah asam amino, vitamin A, vitamin B, dan vitamin C, Mineral (kalsium, fosfor, zat besi) serta tujuh senyawa aktif lainnya. Bermanfaat untuk melancarkan ASI, kesehatan tulang, mencegah penyakit mata, meningkatkan pertumbuhan sel, menjaga sistem kekebalan tubuh serta reproduksi.

manfaat daun kelor

Sedangkan manfaat daun Kelor juga tidak kalah hebatnya bagi tubuh. Daun ini memiliki Potasium 3x lebih banyak dari pisang, mempunyai Vitamin A 4 kali lebih banyak dari wortel, mengandung Zat Besi 25 kali dari pada bayam, ada Vitamin C 7 kali dari pada jeruk, Kalsium 4 kali dari pada susu, serta  Protein 3 kali dari pada yoghurt.

Tidak hanya itu. Peserta juga bisa melakukan cek tensi dan konsultasi kesehatan GRATIS. Hal ini tentu saja bermanfaat bagi peserta yang jarang melakukan cek up dan cenderung memakan apa saja hingga cadangan nutrisinya menumpuk di satu tempat (baca: saya dan perut saya) 🙂

Acara seperti ini kerap diadakan oleh Sari Husada. Maka jika acara serupa diadakan kembali, saran kami, ikutlah sebagai pesertanya. Karena acara ini sangat informatif bagi kita semua. Lebih-lebih bagi pasangan yang sedang merencanakan kehamilan.

Sari Husada konsisten mengedukasi masyarakat tidak hanya melalui acara offline melainkan juga aktif di media sosial. Dari sana mereka tetap menyebarkan informasi berharga untuk kita semua. Silakan follow akun IG @nutrisibangsa untuk mendapatkan informasi lebih banyak. Mereka juga bisa ditemukan di Twitter : Nutrisi_Bangsa, dan Facebook Fanspage : Nutrisi Untuk Bangsa.

Video kami

Banyak dari kita yang membatasi makanan yang dikonsumsi. Hanya mengkonsumsi apa yang kita suka saja. Padahal semestinya, untuk memperoleh nutrisi terbaik kita juga diharuskan mengkonsumsi apa saja. Sayur mayur misalnya. Sayuran memang memiliki taste yang tidak enak, namun memiliki manfaat yang sungguh luar biasa.

Begitu pula buah-buahan. Jangan terpaku dengan satu atau dua buah saja. Ambil dan makan banyak jenis buah. Hal tersebut bagus untuk kesehatan.

Terima kasih dan tetap sehat.

baca juga : Terbukti Ampuh!! Cara menambah follower Instagram tanpa aplikasi

baca juga : Cara mendapatkan centang biru checklist di Instagram

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai