Pantai Jogan Gunung Kidul, Pantai Bercurug Indah

Jalan Menuju Pantai Jogan Gunung Kidul

jalan menuju pantai jogan

Pantai Jogan Gunung Kidul

Suatu hari, ketika lelah dan ingin refreshing. Saya berkeinginan untuk mengunjungi suatu tempat wisata di Gunung Kidul yang berbeda dari kebanyakan yang ada. Jika hampir semua pilihan menuju pantai dan atau pegunungan. Saya diberikan opsi oleh seorang kawan untuk menuju suatu tempat yang memiliki keunikan tersendiri.

Saat saya mendengar namanya pertama kali, Pantai Jogan, yang terbersit adalah “Jogan” yang berarti “Lantai”. Entah apa maksudnya, hingga tulisan ini dimuat, saya belum menanyakan ke pihak manapun asal muasal nama Pantai Jogan.

“Apasih keunikan pantai Jogan ini?” itu yang saya tanyakan kepada kawan yang mengajak saya.

Ia bilang : Pantai Jogan adalah pantai yang memiliki ciri unik berupa pertemuan antara curug dengan laut. Kala musim penghujan, curugnya sedemikian lebar dan deras. Sedangkan saat musim kemarau, curugnya memang kecil dan kurang deras. Sehingga waktu yang tepat untuk menikmati keunikan pantai Jogan adalah jelas saat musim penghujan. Namun semua ada konsekuensinya. Jalanan licin dan dingin harus dihadapi siapapun.

Jalan menuju pantai Jogan untuk saat ini sudah sangat bagus. Tentu perbandingannya adalah pada saat pantai ini diekspos pertama kali. Saat itu jalanan benar-benar tidak motoriawi. Sekarang, sudah jauh lebih baik. Pemotor sudah bisa berjalan dengan lebih nyaman. Meski memang masih ada beberapa titik yang rusak karena beban kendaraan pengunjung yang semakin meningkat.

Lebar jalan seukuran dengan satu unit mobil besar. Jika motor berpapasan dengan sesama motor tidak ada masalah apapun. Namun jika motor berpapasan dengan mobil, masing-masing perlu untuk sedikit menepikan kendaraan demi kenyamanan bersama. Lebih-lebih jika mobil berpapasan dengan mobil, bisa dipastikan akan stuck sementara hingga salah satu mengalah untuk mundur atau menepi lebih jauh.

Meski demikian, akses jalan menuju pantai Jogan tidak bisa diakses menggunakan bus sedang ataupun bus mikro. Hal ini hanya sekedar hemat admin. Lebar jalan cukup untuk bus mikro, namun dikhawatirkan jika berpapasan dengan kendaraan lain akan menghambat laju kendaraan yang berada di belakangnya. Apalagi, sepanjang jalan menuju pantai Jogan tidak ada personil yang membantu seperti pantai lainnya, sebut saja pantai Pok Tunggal.

Baca Juga : Jalan Menuju Pantai Pok Tunggal Yang Aduh hai

Luas parkiran cukup untuk belasan motor dan mobil. Lokasinya berdekatan dengan pantai. Mungkin jarak antara parkir dengan pantai hanya beberapa meter saja.

Di lokasi pantai Jogan sudah dibangun kios-kios untuk makan pengunjung. Harganya masih bersahabat di kantong. Namun untuk sekedar berjaga-jaga, lebih baik tanyakan dulu harganya.

jalan menuju pantai jogan

Curug yang berada di Pantai Jogan telah dimaksimalkan oleh pengelolanya sebagai wahana pemacu adrenalin. Dengan pengaman tubuh serta seutas tali yang terpasang dengan kuat, seorang pengunjung boleh mencoba sensasi meluncur dari atas curug menuju pantai. Pengunjung juga dipersilahkan berpose dengan pose andalannya dan tentunya akan diambil gambarnya oleh pengelola.

wahana di Pantai Jogan

Kalau ke Pantai Jogan, Nginepnya dimana ya?

Kamu pengin liburan di Jogja dan berencana ingin mengunjungi semua pantai gunung kidul?
Pertanyaannya mau nginep dimana?

Kalau kamu setiap hari harus melakukan perjalanan dari kota Yogya menuju Gunung Kidul setiap harinya, separuh liburanmu akan habis di perjalanan saja. Karena musim liburan, Yogyakarta menjadi salah satu kota tujuan wisata di Indonesia yang paling menarik minat wisatawan. Banyak hal disini. Termasuk di dalamnya adalah pantai-pantai Gunung Kidul yang baru dan masih perawan.

rute menuju pantai Jogan

Jadi sangat kami sarankan, bagi kamu yang berkeinginan untuk mengunjungi pantai-pantai Gunung Kidul bisa melakukan beberapa cara yang kami tulis disini.

1. Camping

Yup. Kamu bisa camping bersama teman-temanmu atau mungkin kamu sendirian saja di tempat wisata pantai tersebut. Untuk di Pantai Jogan, ada spot yang bisa digunakan untuk melakukannya. Namun di manapun tempat camping yang akan kamu kunjungi, perlu untuk melakukan kontak dengan pengelola setempat.

2. Tidur di hotel atau penginapan terdekat.

Emang ada ya tempat menginap di daerah pelosok? Duh, duh sob. Dimana ada “industri” disitu ada pihak yang kreatif memanfaatkan peluang.

Begitu juga dengan pantai-pantai di Gunung Kidul. Sudah banyak tempat yang didirikan bangunan semacam losmen untuk menampung tamu dari jauh yang ingin menghabiskan liburannya di dekat pantai. Sebagian bisa kamu pesan secara langsung, sebagian yang lain sudah bisa dipesan via online. Melalui Traveloka misalnya. Di laman tersebut bisa kamu masukkan nama kota tujuan. Sesuai contoh diatas, untuk pantai Jogan, bisa kamu masukkan kota TEPUS. Kemudian tentukan tanggal cek in. Lalu klik CARI HOTEL. Mudah kan.

Baca juga tulisan yang lain : Jalan Menuju Pantai Klayar Pacitan yang Indah Sekali

Sob, jika kamu ingin melakukan perjalanan menuju pantai Jogan atau pantai Gunung Kidul lainnya, pastikan kendaraan dalam performa terbaiknya. Pastikan ban dalam keadaan yang powerfull. Persiapkan obat-obatan. Mimin sendiri selalu menyiapkan sirup anti masuk angin. Karena tidak jarang, mimin pulang dari tempat wisata pantai Gunung Kidul dalam keadaan basah kuyup karena kehujanan. :v

Khawatir tersesat? ngga percaya dengan Google Maps? Ngga perlu khawatir. Kami siap memandu teman-teman untuk blusukan ke pantai-pantai yang tersembunyi. Hubungi WAHYU : 0856 4315 5165

Kapan kalian mantai? hubungi kontak diatas ya.

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai