NAPZA dan NARKOBA beserta Dampaknya #2

Bismillah..ini dia lanjutan dari NAPZA dan NARKOBA beserta Dampaknya #1

Lanjut pembahasan nya. Kemaren nyampe ke dampak dari penggunaan narkoba meski dalam jangka pendek.

Dimulai dari Tembakau (NIKOTIN)

  1. EFEK JANGKA PENDEK
  • Denyut nadi dan Tekanan darah naik
  • Asam lambung naik
  • Produksi urin turun
  • Rasa tenang
  • Nafsu makan turun
  • Kelumpuhan silia
  • Aliran darah ke ujung Jari turun

Apa tuh Silia??? ga ngerti deh..Oke

Silium (jamak Silia) adalah organel sel yang berfungsi sebagai alat bantu pergerakan yang menonjol dari sebagian sel yang diameternya kira-kira 0,25 μm dan panjangnya sekitar 2 sampai 20 μm serta biasanya muncul dalam jumlah banyak pada permukaan sel.Silia berbeda dengan flagela (bentuk jamak dari flagelum) yang fungsinya dan diameternya sama dengan silia, hanya saja lebih panjang, yaitu sekitar 10 hingga 200 μm.Selain itu, jumlah flagela biasanya terbatas, hanya satu atau beberapa untuk setiap sel.Banyak organisme eukariot uniseluler bergerak di air dengan bantuan silia dan flagela.Jika silia atau flagela membentang dari sel yang merupakan bagian dari lapisan jaringan, silia dan flagela ini berfungsi untuk menggerakkan lendir yang berhasil menangkap kotoran-kotoran kecil agar keluar dari paru-paru.(data dan gambar dari Wikipedia)

Naah..tau kan Silia tuh apa en fungsinya juga.Jadi Silia tuh ngebuang lendir² yang isinya kotoran keluar dari paru-paru.Kebayang kan kalo Mba Silia itu lumpuh alias ga ber “aksi”..Akibatnya banyak lendir di Paru-paru kita,bikin nafas kita sesek,nafas jadi pendek.Jadi gimana kalo kita mulai sekarang stop rokok?? Kalo ga bisa yaaa di kurangi.

Sekarang EFEK JANGKA PANJANG-nya

  • Nafas pendek dan batuk
  • Infeksi saluran Nafas
  • Gangguan Paru-paru kronis
  • Serangan Jantung
  • Kanker saluran pernafasan
  • Gastritis
  • Gangguan Pembuluh darah
  • Infertilitas

Apa tuh Gastritis?? Aku cuma tau Parangtritis tuh..

Gastritis adalah peradangan pada lapisan perut, dan telah menyebabkan banyak kemungkinan.Penyebab utama adalah konsumsi alkohol berlebihan atau penggunaan jangka panjang obat anti-inflammatory drugs (juga dikenal sebagai NSAIDs) seperti aspirin atau ibuprofen. Kadang-kadang gastritis berkembang setelah pembedahan besar, luka trauma, luka bakar, atau infeksi berat. Gastritis juga bisa terjadi pada mereka yang memiliki berat kerugian operasi yang mengakibatkan banding atau rekonstruksi saluran pencernaan.Penyebabnya adalah infeksi bakteri, terutama Helicobacter pylori, refluks empedu kronis, stress dan gangguan autoimun tertentu dapat menyebabkan gastritis juga. Gejala yang paling umum adalah marah atau sakit perut. Gejala lainnya adalah gangguan pencernaan, perut kembung, mual, dan muntah dan anemia pernisiosa. Beberapa mungkin memiliki perasaan penuh atau terbakar di perut bagian atas.Gastroskopi, tes darah, tes darah hitung lengkap, atau tes tinja dapat digunakan untuk mendiagnosis gastritis.Perawatan dengan menggunakan antasida atau obat-obatan lain, seperti inhibitor pompa proton atau antibiotik, dan menghindari makanan panas atau pedas. Bagi mereka dengan anemia pernisiosa, suntikan B12 akan diberikan.(Wikipedia)

Trus apa pula Infertilitas ???

Infertilitas terutama merujuk pada ketidakmampuan biologis seseorang untuk berkontribusi konsepsi. Infertilitas juga dapat merujuk pada keadaan seorang wanita yang tidak dapat membawa kehamilan untuk jangka waktu penuh. Ada banyak penyebab biologis infertilitas, untuk mengetahui adalah dengan intervensi medis.

Tak hanya pada wanita namun Infertilitas juga bisa terjadi pada Pria.

Ehemm..dah tau kan arti dari Infertilitas, yap Mandul..Kalo yang ini ga perlu gambar yaa..
LANJUT BACA

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai