NAPZA dan NARKOBA beserta Dampaknya #1

Tulisan ini berdasar data Departemen Kesehatan Kota Yogya dan Dinsos Kota Yogya.Dengan maksud untuk edukasi kepada kaum muda agar lebih tau tentang napza atau narkoba.

Udah baca judulnya kan??? Harusnya terlintas tanya…Emang beda ya?? ga juga..NAPZA tuh NArkotika, Psikotropika, Zat Addiktif trus kalo NARKOBA tuh NARkotika, PsiKOtropika, Bahan Addiktif.Naah..WHO bilang NAPZA adalah suatu zat, yang jika dimasukkan ke dalam tubuh, akan mempengaruhi fungsi fisik dan/atau psikologis (kecuali  makanan, air atau oksigen).World Health Organization, 1982..Tunggu..berarti kalo kita minum obat trus ngantuk and syaraf motorik terganggu brarti kita lagi pake NAPZA ??

Ntar dulu..

Kita terusin..Kata Dinkes tuh NARKOBA terbagi tiga hal menurut ketersediaan

  • Legal : tersedia di pasaran bebas dan mudah untuk membelinya/mendapatkannya (alkohol, nikotin, inhalansia)
  • Illegal : tidak tersedia secara resmi di pasaran dan sulit mendapatkannya (heroin, ekstasi, metamfetamin, kokain,dsb)
  • Medical : tersedia secara resmi di pasaran namun penggunaan harus menurut aturan pemakaian atau pengawasan dokter (morfin, petidin, CTM, panadol, napacin, dsb)

Naaah berarti..apa yang kita minum tadi termasuk bagian dari NARKOBA namun dalam kategori MEDICAL yang mana di awasi penggunaannya serta harus menurut aturan pakai.Misal nih..Kalo kita sakit dan sebenarnya  butuh bed rest biasanya Dokter ngasih sedikit CTM di resepnya biar kita tidur en ga pecicilan (belum sembuh bilangnya udah trus keluyuran) hahaha..Jadi inget pas sakit typus malah sepedaan keliling kampung,di marahin Ibu trus di beliin CTM,tidur deh…hakhakhakhak..Lhah kalo Morfin??? Setahuku..Morfin tuh dipake kalo kita mau di Operasi.

Trus pasti ada dong resikonya kalo kita pake tuh barang meski hanya dalam jangka pendek..

nyambung di NAPZA dan NARKOBA beserta Dampaknya #2

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai