Menjaring Ide / Inspirasi

Beberapa waktu lalu, di sebuah forum yang saya ikuti, ada pertanyaan yang di sampaikan oleh seorang member di dalamnya. Ia bertanya tentang bagaimana Cara mencari ide / Inspirasi. Mencari Ide? Ya benar, Mencari Ide. Bagi anda yang merasa kaya akan ide atau inspirasi, bahkan mungkin merasa didatangi ide, hal tersebut akan terasa aneh. Ide kok dicari? Ide ya datang sendiri. Mungkin itu yang akan anda katakan.
Saya juga terkadang seperti itu. Sering bermasalah dengan Inspirasi. Terkadang ia melimpah ruah bagai air terjun terkadang ia kering sekering gurun yang berpasir.

Lalu bagaimana ketika kita di hadapkan pada “gurun berpasir” tersebut? Apakah harus semedi di atas gunung Merapi? Hahaha ga harus seperti itu juga, kecuali kalau ingin memuat artikel tentang sesuatu yang kolosal dan ingin merasakan langsung rasanya bertapa di Gua.

Ada sedikit tips dari saya dengan sedikit penjabaran.

  • Tenangkan pikiran :  Tenangkan pikiran dulu, biasanya karena banyaknya permasalahan yang kita hadapi membuat ide seperti buntu. Padahal sebenarnya tidak. Ia datang seperti biasa. Hanya kita saja yang tidak mampu menangkapnya karena pikiran tidak tenang. Menenangkan pikiran bisa dengan cara apa saja. Bisa baca Kitab Suci, tidur, cuci muka, dan lain sebagainya.
  • Jalan-jalan : Sudah tenang? tapi belum dapat juga idenya? Jalan-jalan dulu. Lihat pemandangan sekitar. Lihat Matahari yang begitu besar terbesit akan kecilnya kita. Itu sebuah ide!!! Dapat satu artikel  Belajar dengan ayat kauniyah. Bahkan ketika jalan-jalan dengan anak yang tersayang, bisa banyak artikel kalo ditulis semua.
  • Cari di forum :  Mampir di forum. Mungkin forum remaja, forum kaskus, forum teknisi. Sesuai yang di ikuti. Artikel ini contoh dari pengambilan ide dari forum.
  • Nonton film :  Nonton film juga bisa membuahkan Ide atau Inspirasi. Film lawas yang menyadarkan adalah artikel yang saya buat selepas melihat film I Not Stupid.
  • Baca-baca :  Di awal tadi, membaca untuk media penenangan diri (setidaknya bagi saya) namun membaca bisa dan sangat bisa menghadirkan Inspirasi. Banyak sekali artikel akan hal ini. Contohnya adalah Timnas U23 vs Persiba Bantul
  • Amati sekitar : Ketika memandangi alam, rumah, pepohonan, bukit, pantai, awan, pelangi, bintang, binatang, bahkan sampah. Apa yang terbesit di hati anda? Ada rasa nyaman, senang, tenteram, bahkan jijik? Nah kembangkan itu semua dengan kata-kata.
  • Pecahkan masalah : Mungkin memang tidak 100% jitu dalam memecahkan masalah, tapi tidak mengapa namanya juga sharing ide. Siapa tahu di gunakan ide dan pemikirannya. Contoh artikel Daripada malah rugi adalah satu dari sekian banyak ide di dunia per-bloggingan saat ini.

Nah itulah sekelumit dari apa yang ada di benak saya selama ini. Masih banyak, namun hanya itu sekiranya yang dapat saya tulis disini. Silahkan kembangkan satu atau seluruhnya dari tips mencari ide saya diatas. Selamat Menulis

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai