Manfaat dari Wawasan atau Statistik Instagram Bisnis

Tentang Instagram Bisnis

Setelah mengubah akun Instagram personal menjadi Instagram Bisnis, sekarang sudah waktunya kita mempelajari Wawasan atau Statistik Instagram Bisnis. Lebih tepatnya mengamati fitur-fitur yang ada di Instagram Bisnis ini. Karena pastilah kita mempertanyakan bagaimana memanfaatkannya bukan?

Eh, kamu belum baca Cara Membuat Akun Instagram Terlihat Profesional. Lebih Pro ya? Yaudah sana, dibaca dulu. Setelah itu lanjut dimari ya mas bro mbak sis. Tapi buat kamu yang sudah baca, silakan dilanjut.

Statistik atau yang di Instagram disebut sebagai Wawasan ini serupa dengan statistik di aplikasi lain. Gunanya untuk memantau pergerakan atau aktifitas follower kita. Siapa saja dan dimana follower kita. Dan yang lebih bagus lagi, rentang usia follower kita bisa diketahui melalui Wawasan Instagram Bisnis ini.

Kenapa terlihat begitu penting wawasan Instagram Bisnis ini? Karena dengannya kita bisa melihat rencana ke depan. Dengan tool gratis ini kita bisa menyusun strategi yang akan digunakan sebagai model promosi agar lebih tepat sasaran. Saya pernah membaca sebuah artikel yang menyebutkan bahwa wanita memilih dan menggunakan kosmetik wajah berdasarkan usia. Salah apa betul? Di artikel tersebut disebutkan bahwa usia 34 keatas cenderung membeli kosmetik wajah yang berkaitan dengan kerutan atau anti aging. Koreksi saya jika ada kesalahan.

Nah, dari satu tulisan yang saya baca diatas, tentu akan melenceng dan tidak tepat sasaran jika kita tawarkan produk kecantikan yang ke-abg abg-an kepada sekumpulan wanita berusia 34 tahun keatas tersebut.

Jika di dunia nyata, sebagai penjual bisa saja langsung bertemu dan menebak usia calon pembeli serta menyodorkan produk yang sesuai, namun di jagad maya Instagram? Sepertinya tidak mungkin melihat satu persatu postingan dan mengira berapa usianya. Itulah gunanya Wawasan Instagram Bisnis, tool gratisan dari Instagram.

Di bawah ini akan kita bahas fitur-fitur Instagram Bisnis yang bisa kita gunakan untuk memaksimalkan strategi bisnis dan meningkatkan bisnis online kita.

Yang pertama :

Halaman depan dari Wawasan Instagram Bisnis

wawasan instagram bisnis

Teman-teman bisa melihat di dalam gambar di atas. Wawasan Instagram Bisnis merekam pola aktifitas follower serta hasil postingan kita dalam rentang waktu satu minggu. Dimulai pada hari ini, kemudian mundur seminggu. Tool ini dibagi menjadi tiga bagian. Bagian paling atas adalah Impressions beserta 3 point lainnya, bagian tengah Top Post, Bagian bawah adalah Followers.

Pada bagian atas, kita bisa melihat Impressions, kemudian dengan menggesernya kita bisa melihat Reach, Profile Views, dan Website Click. Yang dimaksud dengan Impressions adalah total jumlah berapa kali postingan yang kita buat telah dilihat. Reach adalah jumlah akun unik yang telah menonton postingan kita. Yang dimaksud akun unik mungkin adalah akun yang bukan follower dan sama sekali belum pernah melihat akun kita.

Profile Views adalah jumlah berapa kali profil kita dilihat. Mereka ingin melihat data pemilik akun yang keren seperti kamu dan jika memungkinkan ingin menjalin kerja sama – mungkin lho ya – karena itulah, beri informasi mengenai data-data diri seakurat mungkin agar apabila ada yang tertarik bekerja sama bisa gampang menghubungi.

Berikutnya adalah Website Click. Ini adalah angka yang menampilkan seberapa banyak orang yang telah me-klik link website yang tertampil di profil view. Instagram tidak mengizinkan perilaku spamming, karena itulah mereka hanya memberikan satu tempat kepada pemilik akun untuk menunjukkan link website yaitu pada halaman profile. Link yang dipaksakan untuk tampil di postingan hanya akan menjadi teks biasa, bukan live link.

OK Next

Setelah kita memahami wawasan Instagram Bisnis bagian atas yang isinya impresi, reach, profile view dan website klik. Sekarang kita masuk ke bagian tengah yang berisi Top Post. Seperti yang jelas terlihat di halaman tersebut, Top Post ini menampilkan semua postingan yang telah disortir berdasarkan Impressions selama 7 hari terakhir. Jika kita posting secara masif, terstruktur dan terencana pastilah yang akan muncul di dalam halaman tersebut adalah postingan yang banyak sekali jumlahnya beserta angka berwarna putih di dalam gambar.

Angka berwarna putih di dalam gambar tersebut maksudnya adalah jumlah berapa kali postingan tersebut dilihat. Bukan dilike.

wawasan instagram bisnis

Seperti contoh diatas, postingan saya yang rute pawai budaya misalnya, ternyata dilihat sebanyak 237 kali. Postingan piring coklat lengkap dengan nasi dan lauk pauknya ternyata dilihat sebanyak 235 kali dan seterusnya. Seperti yang saya tulis diatas, angka tertera bukan jumlah like. Sehingga jika kamu posting dan hanya mendapat like sedikit, tidak perlu risau. Postingan kamu pasti sudah dilihat berkali-kali. Hanya saja mereka tidak nge-like.

Ada pertanyaan tentang bagaimana cara meningkatkan like pada postingan Instagram? hehe, itu kita bahas lain kali saja.

Selanjutnya kita lihat Wawasan Instagram Bisnis bagian bawah. Pada bagian Followers, kita bisa melihat banyak hal. Yang pertama adalah Jumlah Follower. Bisa dilihat bahwa minggu ini ( saat tulisan ini dibuat) follower saya berkurang satu. Mungkin karena saya kelewat ganteng. :v

Yang kedua adalah Gender. Lihat gambar di bawah ini.

wawasan instagram bisnis

Dari total 1224 follower yang saya miliki, ternyata 54% darinya adalah Woman dan selebihnya adalah Man. Jadi misal saya ingin menjual sebuah produk, maka produk yang kemungkinan besar mudah laku adalah produk yang berkaitan dengan wanita. Lha jumlah followernya lebih banyak wanita. 🙂

Next

Age Range.

wawasan instagram bisnis

Jika memperhatikan data Age Range di atas, artinya secara keseluruhan follower instagram saya adalah berusia 13-65 tahun. Dengan rincian seperti pada gambar. Yang menjadi rentang usia terbanyak adalah usia 18-24 tahun, disusul berikutnya adalah rentang usia 25-34 tahun. Itu adalah data rata-rata, karena yang tampil pada gambar di atas adalah ALL. Kita bisa melihat age range untuk follower pria atau wanita dengan tap pilihan yang tersedia.

Pada contoh seperti diatas, ternyata follower pria akun Instagram saya didominasi usia 25-34 tahun, sedangkan follower wanita akun Instagram saya didominasi usia 18-24 tahun. Meski belum dijamin laku keras, tapi sementara bisa disimpulkan apabila ingin menjual produk maka yang mendekati TEPAT adalah produk untuk wanita, untuk rentang usia 18-24 tahun di Instagram saya.

Sekarang perhatikan data berikutnya yaitu Top Location. Seperti yang terlihat pada gambar, follower paling banyak berasal atau berada di kota Yogyakarta. Maaf, bagian “berasal atau berada di kota Yogya” saya kurang tahu pasti, karena melihat rentang usia dominan adalah 18-24 maka sangat mungkin remaja kuliah-lah yang menjadi follower. Sedangkan remaja luar Yogya juga banyak yang kuliah di kota ini. Namun saya cenderung mengatakan, bagian ini adalah “berada di Yogyakarta” karena besar kemungkinan seseorang akan menuliskan alamat domisili atau dimana ia bersekolah saat ini, meski ia berasal dari daerah lain.

Menggunakan data Top Location ini, saya bisa mereka-reka strategi bisnis yang memungkinkan untuk COD atau tidak. Lebih tepatnya adalah menginginkan COD atau tidak. Karena ada orang yang tidak menghendaki pembayaran dengan metode COD. Namun ada juga yang sebaliknya, menganggap COD lebih aman. Ini hanya perkara selera dan pengalaman saja.

Berikutnya, Followers. Namun disini terjadi keunikan. Tertulis “Followers” namun tidak menunjukkan data Followers. Justru menunjukkan “Hours” dan “Days”. Mungkin yang Instagram maksudkan adalah waktu-waktu tertentu yang biasa digunakan follower untuk posting atau melakukan pengecekan.

wawasan instagram bisnis

Perhatikan statistik diatas. Ada bar dan angka di bawahnya. 12a, 3a, 12p, 6p, ini apa artinya? yang dimaksud angka tersebut adalah jam. Angka 12a artinya jam dua belas dini hari. Sedangkan 9a artinya jam sembilan pagi dan seterusnya 6p artinya jam enam sore dan lagi dan lagi.

Setiap bar memiliki warna dan tinggi yang berbeda. Semakin tinggi maka warnanya semakin pekat. Hal ini mengindikasikan bahwa pada jam-jam tertentu, follower kita aktif meski sekedar melihat di timeline atau halaman pencarian. Perilaku ini pasti berbeda setiap harinya. Hal ini ditangkap oleh Instagram dan menampilkannya untuk kita dengan cara memberi tanda panah seperti yang terlihat pada gambar. Tap tanda panah diatas untuk mengganti hari sesuai yang diinginkan.

Berdasar statistik diatas, Pada hari KAMIS follower saya aktif mulai jam 5. Jam 8 ada peningkatan jumlah yang aktif. Jam Istirahat kantor juga mengalami peningkatan. Kemudian menurun seiring aktifitas pada jam 1 siang. Berikutnya mengalami lonjakan pada jam 6 sore dan meningkat pada jam 8p. Sehingga sangat tepat jika mengirimkan postingan pada jam-jam tersebut. Diharapkan, pada jam tersebut reaksi follower akan lebih baik daripada jam-jam lain.

wawasan instagram bisnis

Seperti yang saya sebut sebelumnya. Perilaku follower berbeda setiap harinya. Berdasar statistik diatas, aktifitas follower akun Instagram saya lebih rajin pada hari Selasa dan Rabu. Hal tersebut ditandai dengan warna biru yang lebih pekat dari bar yang lain.

Oke mas bro, mbak sis. Setelah tahu medan perangnya bagaimana, tentu seorang panglima tahu harus berbuat apa. Salah atau betul?

Sekarang giliran kalian. Amati Instagram Bisnis pada akun njenengan. Bagaimana penampakannya dan kira-kira strategi yang sudah dijalankan tepat atau belum.

Begitu.

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai