Makan Bersama ala Irul

“Huaaaa!!” siang ini irul nangis kenceng banget. Hanya gara-gara truk tangki bensin mainannya engga bisa dibuka. Ia pengen mengisinya dengan air dari bak mandi. Suara tangisnya memenuhi seluruh ruangan dan mungkin juga terdengar sampai lantai paling bawah.

Ibu : “udahan nangisnya, ayo keluar.”
Irul : “ndak mau, huaaa!”
Ibu : “liat jarinya, udah berkerut kan?”
Irul : “ndaak! ndak mau”
Ibu : “irul udah kedinginan tuh, lekas keluar. Trus maem.”
Irul : “ndak mau! ndak mau !”
Setengah memaksa, ibu langsung menyelimuti tubuh irul dengan handuk dan menggendongnya. Irul pun berontak. Suara tangisnya makin keras, mungkin bisa terdengar sampai Papua. Irul masih tetap menangis saat ibunya memakaikan baju dan celana.

Tangis Irul sudah mereda, namun ngambegnya masih tersisa hingga datang sarapan yang dibuatkan Ibunya.
Ibu : “ayo maem, biar cepet gedhe”
Irul : “Ndak mau” sambil tidur miring menghadap dinding.
Ibu : “ngeeeeeeeeeeeng pesawatnya mau turun. masuk gua”
Irul tidak merespon dan masih mengatupkan mulutnya.
Ibu : “eh ini lihat, badaknya mau maem.” lantas berpura-pura menyuapi mainan badak yang ada didekat irul saat itu.
Ibu : “Gimana badak, enak ngga masakan Ibu?”
Ibu (peran badak) : “enaaaaakk”
Irul melihat adegan itu, sepertinya ia tertarik. Namun belum mau disuapi Ibunya.

Ibu mengambil gajah dan buaya. Dan melakukan hal yang sama seperti halnya badak. Menyuapinya dan kemudian berkomentar.
Ibu : “ayo, mas irul juga maem.”
Hap…sukses. Paket telah mulai dikirim.
Ibu : “Enak kaaaaan”
Irul : “He em. enak”
Ibu : “This is it, Kakap Asam Manis ala chef Bu Fitri
Irul : “Itu kereta apinya juga maem”
Ibu : “O ya..sini kereta api maem…….aaemm” sambil pura-pura menyuapi kereta api.
Irul : “Kereta api Thomas-nya juga”
Ibu : “Oiyaa…aeeeemm”
Irul kemudian menunjuk poster hewan-hewan dan berkata : “itu, kuda badak gajah buyung juga”
Ibu lantas pura-pura menyuapi mereka semua dan suapan terakhir langsung menuju mulut Irul, dan … Hap. Paket telah dikirim ulang.

Siang itu Irul makan bareng hewan-hewan dan gambar lokomotif dari beberapa negara di belahan dunia, termasuk kereta api dan beberapa mainannya. Seperti itulah Makan Bersama ala Irul chan. Boleh dicoba ketika anak anda ngambeg dan engga mau makan. Ini bisa disebut salah satu cara menghadapi anak tidak mau makan, hehehehe.

 

 

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai