Liburan Tahun Baru Enaknya Kemana ya ?

Liburan tahun baru enaknya kemana ?

JOGJA, jawab saya kalau ditanya “liburan tahun baru enaknya kemana“. Lha bijimana lagi, memang Jogja kerap dijadikan tujuan wisata kala liburan tiba kan? Jangankan liburan yang beberapa minggu lamanya atau 3 hingga 4 hari, lha wong weekend aja Jogja bisa penuh bukan main.

Tapi mungkin pertanyaan itu bisa lebih diperkecil lagi ruang lingkupnya, “Liburan tahun baru enaknya kemana ya kalau di Jogja?”. Nah, kalau jawaban dari pertanyaan ini, kami agak kebingungan untuk jawabnya. Karena bagi kami yang di Jogja, semua tempat itu bisa menjadi objek wisata. Karena seperti kata pak Anies Baswedan, “Bagi setiap orang yang pernah tinggal di Jogja pasti setuju. Setiap sudut kota Jogja itu Romantis”

liburan tahun baru enaknya kemana

Nah, Jangan buru-buru tanya liburan tahun baru enaknya kemana, tapi kita perlu kembali ke fungsi liburan itu sendiri. Bukankah liburan itu ada untuk mencharge ulang atau istilah ponsel “rebooting” biar pikiran yang semula jenuh bisa segar lagi. Iya tho?

Jika kamu setuju, maka kami bisa menyarankan agar liburan tahun baru nanti kamu menuju tempat-tempat yang menyegarkan dan membarui pikiran serta jiwa kita.

Baru deh bisa bertanya, “”Liburan tahun baru enaknya kemana ya kalau di Jogja?”

1. Menginap di Desa Wisata
Liburan, seyogyanya digunakan untuk menyegarkan hati dan pikiran kita yang lama mengendap dan tergerus rutinitas. Karena itu, menginap di satu tempat yang berbeda dari rutinitas adalah pilihan terbaik. Sehingga kita mendapatkan pengalaman yang berbeda saat berangkat tidur, bangun pagi, serta beraktifitas pagi hari setelahnya.

Menginap di Desa Wisata pasti akan memberikan kamu sebuah pengalaman yang menarik. Pemandangan ala kampung yang pasti berbeda, suara alam yang tidak dijumpai di kota besar, segarnya udara yang tidak ada duanya, keramahan yang jarang didapatkan, dan kesederhanaan yang terlampau istimewa bila terlewatkan.

Beberapa contoh Desa Wisata yang siap menampung wisatawan yang ingin plesiran. Ada desa wisata Pulesari di Sleman. Di sana pelancong bisa merasakan wisata petualangan di sungai Bedhog, Outbond, trekking sungai lengkap dengan permainan halang rintang dan wisata edukasi yang asik dan menyenangkan. Kita bisa belajar tentang salak. Dimulai dari mengenal jenis-jenis salak, cara budidaya salak, cara pembibitan salak, pemeliharaan, penyerbukan hingga cara memetik salak yang aman. Disana juga bisa belajar membuat aneka makanan olahan dengan bahan baku Salak. Wisata budaya juga ada di desa tersebut. Ritual Pager Bumi, ritual Sadranan masih sering dilakukan dan bisa disaksikan pelancong. Komplit pokoknya. Ada wisata petualang, ada wisata edukasi, ada wisata budaya,

Semua kegiatan wisata di desa wisata Pulesari ini bisa dilakukan dalam sekali kunjungan atau dengan menginap di rumah warga. Paket live-in dimungkinkan dengan adanya rumah-rumah warga yang siap dijadikan homestay. Tersedia tidak kurang dari 49 unit homestay yang siap menampung hingga 250 orang, Joglo dan limasan untuk pertemuan, serta lapangan parkir yang memadai.

outbond di desa wisata Pulesari. Gambar diambil dari desawisatapulesari.wordpress.com

outbond di desa wisata Pulesari. Gambar diambil dari desawisatapulesari.wordpress.com

Ada juga desa wisata Tembi di Bantul. Terletak di pinggir jalan Parangtritis, desa wisata Tembi menawarkan aneka kesenian yang sudah jarang dimainkan oleh generasi kita semisal Karawitan, Gejog Lesung, Bang Bung dan lain sebagainya. Tidak hanya itu, pengunjung bisa belajar tentang kerajinan dan menikmati kuliner tradisional yang disajikan. Membatik, membuat tembikar, melukis keramik, belajar karawitan, outbond, naik dokar keliling desa, dan masih banyak lagi.

Semua kegiatan dilakukan di desa wisata Tembi dengan paket-paket yang ramah di kantong. Tamu bisa menginap di rumah-rumah warga / Homestay yang telah disediakan.

desa wisata Tembi

belajar membatik di Tembi. Gambar diambil dari http://tembivillage.com/

 

2. Event di Candi Prambanan

Coba cek agenda tahunan di Candi Prambanan. Biasanya di akhir tahun Candi Prambanan kerap digunakan untuk event-event tahun baru. Di Candi Prambanan, kita bisa menyaksikan Sendratari Ramayana yang biasanya dimainkan 2 kali dalam satu minggu. Dimainkan oleh 250 penari didukung oleh tata cahaya yang apik dengan latar belakang Candi Prambanan. Akhir tahun atau tanggal 31 Desember pun Sendratari Ramayana pun akan dimainkan. Mulai dari jam 19.30 hingga 21.30.

3. Event di Candi Borobudur

Akhir tahun 2016, di Candi Borobudur diadakan event Borobudur Nite 2016 Music, Lantern and Hope. Yang mengadakan adalah PT Taman Wisata Candi Borobudur, Prambanan & Ratu Boko di Borobudur Park. Acara di Borobudur ini akan menyajikan live music dan diakhiri dengan menerbangkan ribuan lentera ke langit saat pergantian tahun sebagai simbol harapan baru dan jiwa yang baru. Besar kemungkinan, tahun berikutnya akan diadakan event yang sama.

4. Eksplore Wisata Gunung Merapi

Gunung Merapi merupakan gunung paling aktif di dunia. Karena itulah, ia adalah gunung yang berbahaya. Namun meski demikian, gunung ini memiliki keindahan yang tiada tara. Liburan tahun baru bisa dimanfaatkan untuk eksplorasi wisata gunung Merapi.

Ada Kawasan Wisata Kaliurang dengan panorama alam yang indah dan berhawa sejuk. Berada di lereng Merapi, 35km utara Jogja yang mendukung fasilitas camping ground, taman rekreasi keluarga, hutan wisata, tempat pertemuan dan seminar, sarana olahraga dan lain sebagainya.

Ada Goa Jepang di Hutan Wisata Tlogo Nirmolo. HUtan yang berada di Kawasan Tlogo Nirmolo ini di dalamnya ada 22 goa yang dibuat oleh tentara Jepang ketika menduduki wilayah Yogyakarta.

Wisata Trekking Lereng Merapi. Merupakan kegiatan berpetualang menyusuri hutan lereng Merapi dan menyaksikan watu kemloso (lava bed) hasil letusan Gunung Merapi.

Wisata Offroad Jeep/Trail. Dari Kaliurang, wisatawan dapat menikmati paket Volcano tour dengan jeep willis atau land rover. Jeep akan mengantar wisatawan untuk melihat dari dekat dampak erupsi merapi dan menyaksikan keindahan serta merasakan sensasi kesegaran udara lereng Gunung Merapi.

Wisata Erupsi. Pengunjung dapat meihat bekas kedahsyatan awan panas gunung Merapi di daerah Kinahrejo dan sekitarnya dengan menggunakan Jeep serta melihat bekas rumah mbah Maridjan yang dipandu oleh guide lokal.

liburan tahun baru enaknya kemana

museum Gunung Merapi

Wisata edukasi Museum Gunung Merapi. Kita akan dapat mengetahui semua hal tentang kegunung berapian dalam hal ini yang menjadi model adalah Gunung Merapi. Bagaimana ciri ledakannya, apa saja yang ia keluarkan dan bagaimana prediksi mengenai arah letusan berikutnya. Pengunjung bisa melihat video tentang Gunung Merapi di bioskop mini yang berada di dalam Museum Gunung Merapi.

5. Eksplorasi Candi

Untuk menyegarkan pikiran, ada baiknya pertanyaan “Liburan tahun baru enaknya kemana di Jogja?” ditanyakan lagi. Tidak ada salahnya jika waktu liburan digunakan untuk wisata candi yang ada di Yogyakarta.

Candi-candi yang ada di Yogya jumlahnya banyak sekali. Sebut saja ada :

Candi Prambanan. Candi ini candi yang paling terkenal di Jogja. Lokasinya pun sangat mudah ditemukan. Kita tinggal menyusuri jalan Jogja Solo sudah bisa menemukan candi tersebut. Berdiri gagah 3 candi utama peninggalan agama Hindu dari abad IX.

Candi Keraton Ratu Boko. Berjarak 3 km arah selatan Candi Prambanan. Dari lokasi situs ini, kita dapat menikmati panorama Yogyakarta dan candi Prambanan. Terdiri dari gapura, candi pembakaran, paseban, pendopo dan pemandian keputren.

Candi Kalasan. Candi Budha yang prasastinya berhuruf pranagari dan sansekerta dibangun pada tahun 778M. Terletak di dusun Kali Bening Tirtomartani, Kalasan, Sleman atau 3 Km arah barat dari Candi Prambanan. Candi Kalasan dapat dikunjungi setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Candi Barong. Candi Barong merupakan peninggalan Agama Hindu yang terletak di dusun Candisari, Bokoharjo, Prambanan. Berada di ketinggian 27m dpl dan berdekatan dengan situs Ratu Boko. Dibuka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Candi Banyunibo. Merupakan candi Budha yang letaknya berdekatan dengan situs Candi Ratu Boko. Bentuknya menyerupai tetesan embun yang dibangun pada abad IX.  Dibuka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Candi Ijo. Terletak 7 Km dari arah tenggara Candi Prambanan yang didukung dengan suasana dan panorama alam pedesaan.

Candi Sari. Candi ini dahulu merupakan Vihara Budha yang digunakan untuk belajar para biksu. Candi ini berdekatan dengan candi Kalasan. Dibuka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

Candi Sambisari. Ditemukan oleh seorang petani yang saat itu sedang mencangkul sawahnya pada tahun 1966. Berada di bawah tanah sedalam 6,5 meter sehingga memiliki keunikan tersendiri. Dibangun pada abad X dan terletak 12 km dari Yogyakarta. Kawasan candi dibuka setiap hari pukul 08.00 – 17.00 WIB.

6. Eksplorasi Pantai

Jogja tidak punya pantai, begitu pula Sleman. Semua tahu itu. Tapi Gunung Kidul, Bantul dan Kulon Progo punya. Pantai adalah objek wisata yang sepertinya masuk daftar “harus kunjungi” di list liburan setiap orang. Dan pantai di Daerah Istimewa Yogyakarta adalah sebagai berikut.

Kabupaten Kulon Progo. Kabupaten ini tidak kaya akan wisata pantainya. Jika tidak salah, baru ada 3 pantai yang tercatat oleh kami sebagai tempat wisata. Adalah Pantai Glagah yang dikenal tenang dan damai, Pantai Congot, dan Pantai Bugel.

Sementara Kabupaten Bantul sedikit lebih beruntung dengan objek wisata pantainya. Pantai Parangtritis yang menjadi primadona pantai di Bantul, Pantai Depok yang terkenal akan kulinernya, Pantai Samas, Pantai Goa Cemara, Pantai Cemara Sewu, Pantai Pengklik, Pantai Parang kusumo, Pantai Pandansari, Pantai Kuwaru adalah objek wisata tak ternilai dari Kabupaten Bantul.

liburan tahun baru enaknya kemana

pantai Parangtritis

Sedangkan Gunung Kidul adalah surganya pantai. Masih banyak pantai yang bahkan belum menjadi objek wisata yang artinya masih belum dikelola. Masih pantai perawan kalau kata orang bilang. Pantai Pringjono,  Pantai Nguyahan, Pantai Ngobaran yang ada stupa, Pantai Ngrenehan, Pantai Torohudan, Pantai Ngrawah, Pantai Widodaren, Pantai Peyuyon, Pantai Baron, Pantai Mulen, Pantai Kukup, Pantai Ngluen, Pantai Butuh, Pantai Nglimun, Pantai Gesing, Pantai Jungwok, Pantai Greweng, Pantai Kesirat, Pantai Wohkudu, Pantai Tebing Cluakan, Pantai Ngitun, Pantai Timang, Pantai Jogan, Pantai Nglambor, Pantai Siung, Pantai Sepanjang, Pantai Sanglen, Pantai Watukodok, Pantai Drini, Pantai Ngerumput, Pantai Krakal, Pantai Sadranan, Pantai Indrayanti (Pantai Pulang Sawal), Pantai Pok Tunggal, Pantai Seruni, Pantai Watu Lumbung, Pantai Wediombo, Pantai Sundak, Pantai Sadeng,

liburan tahun baru enaknya kemana

wahana pemacu adrenalin di Pantai Jogan

Banyak kan?

Jadi bingung kan yak.

Tidak perlu bingung. Menikmati keindahan alam dan keanekaragaman budaya serta kuliner di Jogja dengan paket wisata adalah cara mudah menikmati liburan bersama keluarga.

Jadi, sudah diputuskan liburan tahun baru enaknya kemana di Jogja?

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai