javascript hit counter

Kedai Nyah Tan Li : Tempat Wisata Kuliner di Jogja di Wetan Kali

Kuliner Jogja

Buat kamu yang dateng di Jogja dan pengin berwisata kuliner Jogja. Coba deh samperin satu tempat unik ini. Kedai Nyah Tan Li namanya. Sekilas baca kedai ini seperti kedai makan Chinese Food atau semacamnya yah, tapi ternyata tidak. Justru kedai ini njawani banget. Pengin tau? Baca terus ulasan sederhana kami.

Seperti penamaan yang dilakukan oleh orang Jawa pada umumnya, kedai ini sepertinya menganut patokan yang sama. Jika kamu menemui angkringan yang berada di bawah pohon sawo lantas dinamai Angkringan Sorsawo atau jasa potong rambut di bawah pohon beringin kemudian dinamai Potong Rambut Soringin, maka Kedai Nyah Tan Li juga demikian format penamaannya.

Kedai Nyah Tan Li berada di pinggiran sungai Bedog yang membelah desa wisata Kasongan. Persisnya di wetan kali (timur sungai) Bedog. Karena letaknya itulah kedai yang dimiliki seniman Timbul Raharjo ini dinamai Kedai Nyah Tan Li alias weTAN kaLI. Sedangkan kata “Nyah” yang berada di depan Tan Li adalah kependekan dari kata NYONYAH. Yup, kedai ini lokomotifnya adalah istri pak Timbul Raharjo alias Nyonyah Timbul Raharjo.

Selain lokasinya yang berada di pinggir sungai, Kedai Nyah Tan Li juga berada di samping galeri seni yang kerennya naudzubillah. Galeri seni ini berisikan karya pak Timbul Raharjo. Jadi jangan heran jika kamu melihat karya-karya yang cantik di tempat ini. Jadi buat kamu yang lapar seni dan lapar perut, Kedai Nyah Tan Li mempunyai kombinasi yang tepat untuk kedua lapar tersebut.

Menu Kedai Nyah Tan Li

Seperti yang tadi kami sampaikan, Kedai Nyah Tan Li sangat Njawani. Menu-menunya tidak asing di lidah orang kebanyakan. Nasi Goreng, Nasi Pedas, Nasi Kuning, Brongkos, Orak Arik, Sambel Tempe, adalah sedikit diantaranya. Sedangkan saat menikmati menu yang kamu pilih nanti, telinga kamu akan dipenuhi dengan musik tradisional jawa. Gending-gendinglah yang diputar untuk menemani santapmu di kedai ini. Njawani banget tho.

Pesen nasi Sambel Tempe, minumnya Teh Poci gula batu, di pinggir kali yang anginnya sembribit, musiknya musik tradisional. Wuih jiaan, nglaras tenan pokok e. Mak nyuuuss.

Ada lagi yang istimewah dari Kedai Nyah Tan Li. Disana juga disediakan nasi Goreng Kecombrang dan Mie Goreng Kecombrang. Tahu kan bunga Kecombrang? sukak?

Kalau suka Kecombrang, berarti kamu perlu banget untuk nyamperin tempat ini. Beneran. Masa wisata kuliner Jogja cuma ngider di Titik Nol doank. Ga seru ah.

Di bawah ini sedikit gambaran mengenai Kedai Nyah Tan Li. Terima kasih buat Bentara.id yang sudah ngasih link donlod gambar. Sering-sering ya bos.

Salah satu karya Pak Timbul Raharjo
suasana Kedai Nyah Tan Li. Syahdu
Pak dan Bu Timbul
Sambel e uenak tenan. Ha mbok sumpah bro
Nasi Goreng Kecombrang. Coba aja
3 nasi unggulan di Kedai Nyah Tan Li
Menu Kedai Nyah Tan Li. Njawani tenan

Nah, masa kamu ngga kepingin nyobain kuliner Jogja di Desa Wisata Kasongan. Desa terkenal lho. Destinasi wisata juga. Memuaskan lapar seni sekaligus menuntaskan lapar perutmu. Klop tho.

Di bawah ini lokasi google Maps yang bisa kamu gunakan sebagai penunjuk arah menuju lokasi Kedai Nyah Tan Li.

Untuk informasi booking tempat, hubungi 0877 3419 1000
Jam buka : 09.00 – 23.00

Jadi, kapan kita kesana sob?

This post was last modified on 14/03/2018 21:22

Wawan: Member dari Komunitas Blogger Jogja. Sedang belajar menjadi blogger yang baik meski banyak gagalnya. Kadang masih suka ngojol, tapi banyakan ngojolnya sih. Gambar lelaki tampan di sebelah kiri mengenakan jaket army look itu, saya, saat negara api belum menyerang. Kalo di bawah ini, icon share. Klik aja buat tahu cara kerjanya. Di bawahnya lagi, iklan.