Hingga Menyentuh Langit

gambar anime, gambar manga, manga komik
Karya Lukman : http://lukman-newbie.blogspot.com/

“Tuntutlah Ilmu hingga negeri Cina”

Rasanya setiap orang pasti mengenal peribahasa tersebut. Peribahasa yang berisi saran untuk menuntut ilmu hingga ke sebuah negeri yang jauh. Meski disebut sebuah nama negara, mungkin maksud sebenarnya adalah bahwa ilmu seyogyanya dikejar walaupun itu berada di sebuah tempat yang jauh atau sulit. Tidak semestinya menyerah terhadap keadaan karena ilmu adalah bagian dari hidup.

Dalam Islam juga diperintahkan untuk meraih ilmu. Bahkan perintah tersebut diturunkan pertama kali dan dengan keadaan memaksa Sang Nabi. Mendekap sangat erat, sehingga Beliau sulit untuk benafas. “Iqra” yang berarti “Bacalah”, menjadi perintah pertama yang justru mengajak untuk belajar. Bacalah, dan bukan “Hafalkan”. Bukan pula “Sebarkan”, bukan pula “Jiplaklah”.

Dengan membaca, kita menemui sumber ilmunya langsung. Salah benarnya bagaimana, kita segera dapat melakukan koreksi. Bukan “hafalkan” yang menjadi perintah pertama, karena “hafalkan” bergantung pada kemampuan individu untuk mempu melakukannya. Bukan “Sebarkan”, karena “sebarkan” bergantung pada suka-tidak suka terhadap materi yang didapatkan. Bukan pula “Jiplaklah”, karena Jiplak dapat dilakukan tanpa membaca dan menghafal serta belum tentu disebarkan.

gambar anime, gambar manga, sketsa manga
karya lukman juga

Memang, terkadang hidup kurang sesuai dengan apa yang menjadi mau kita. Tingginya hasrat untuk belajar terpaksa harus menuruti skenario yang berbeda. Remaja yang berkeinginan tinggi menuntut ilmu harus merelakan sisa waktunya untuk membantu mengais rezeki. Demi kelangsungan hidup yang tidak hanya ia miliki sendiri. Cita-cita tinggi yang pernah ia gantungkan di langit, harus benar-benar tergantung dan tak teraih lagi.

Namun sebelum menanggalkan asa dan menyandarkannya di sudut kamar, ada baiknya mencari informasi mengenai beasiswa yang sering ditawarkan universitas-universitas di dunia. Baik dalam maupun luar negeri. Bahkan Departemen Luar Negeri kita juga menawarkan Beasiswa. Coba saja kunjungi website PUSDIKLAT DEPLU, disana banyak informasi mengenai beasiswa yang diadakan oleh berbagai universitas dalam dan luar negeri. Ada Pendidikan Kilat, ada Beasiswa Gelar dan ada juga Beasiswa Non Gelar. Kedutaan Besar Jepang juga memberikan Beasiswa, silahkan kunjungi website KEDUTAAN BESAR JEPANG UNTUK INDONESIA untuk informasinya. Masih banyak lagi, asalkan mau mencari, pasti ketemu.

Masih terpikir untuk menanggalkan mimpi?

nb: seperti yang saya tulis diĀ MonemMolas blog
pemilik gambar

Related posts

8 Thoughts to “Hingga Menyentuh Langit”

  1. Piye dengan dirimu? banyak SD yang membutuhkan teknisi sebagai PTT atau juag Guru TI dari lulusan SMK, terutama SD yang mendapat bantuan komputer. Jam kerja seperti guru SD biasa.. di SD kemungkinan besar kwe iso ngajukan kuliah S1 (gelar S.Pd.SD.) di Universitas Terbuka.

    1. Satusatuen

      menarik. tapi aku ra iso njawab saiki, bro.

      1. Ya, itu memang untuk dipertimbangkan.. jd guru mmng agk berat dan bth banyak pengorbanan, tp ada 2 keuntungan scr material yg bisa jd bhn pertimbangan: (1) gaji tmbhn klo dah sertifikasi WAW! (2) selalu pny peluang untuk blajar jk jika mau karna guru dituntut “update” teknologi/perkembangan jaman..

        1. Satusatuen

          insya allah, dipertimbangkan.

  2. Kalau setua aku masih ada ga yah? xixi

    1. Satusatuen

      hahaha..bu susi bisa aja. kenapa ga dicoba? diluar sana banyak tho yang meraih doktor atau Prof di usia yang tidak lagi muda.

  3. arlene

    Wow its so cute

  4. arlene

    Wah bagus banget

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

%d bloggers like this: