javascript hit counter

Goa Kiskendo Kulonprogo

Goa Kiskendo Kulonprogo, goa dengan segala potensinya ini telah menjadi objek wisata yang memiliki keunikan tersendiri. Goa Kiskendo Kulonprogo mempunyai ...

image by akun instagram upiecupi

Goa Kiskendo merupakan goa yang saat ini memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan. Goa ini memiliki keunikan tersendiri sebab dikaitkan dengan kisah Ramayana. Selain unik, wisatawan juga dapat belajar sejarah yang kompleks dari goa tersebut. Yogyakarta bagian manapun memang memiliki banyak sekali spot wisata yang tidak diragukan lagi keunikannya.

Goa Kiskendo adalah goa yang sudah ada sejak zaman dahulu, sekarang ini menjadi tempat wisata yang sangat layak sekali untuk dikunjungi. Sebenarnya ada banyak sekali goa di Yogyakarta, khususnya daerah Kulonprogo. Goa yang paling terkenal adalah Goa Maria yang juga dijadikan sebagai tempat ibadah umat Kristen.

image by akun IG Upiecupi

Harga Tiket Masuk ke Goa Kiskendo

Tiket masuknya hanya sebesar Rp. 3000 saja per orangnya. Biaya lain yang harus Anda keluarkan adalah biaya parkir sebesar Rp. 2000 untuk motor dan Rp. 5000 untuk mobil. Ada pertunjukan tari Ramayana yang digelar setiap hari mulai pukul 10 pagi.

Lokasi Goa Kiskendo

Tempat wisata Goa Kiskendo yang berada di desa Jatimulyo, kecamatan Girimulyo, Kulonprogo ini lokasi tepatnya berjarak sekitar 38 kilometer dari pusat kota Jogja. Rute untuk bisa sampai ke wisata kulonprogo ini cukup mudah, pengunjung hanya tinggal menuju ke jalan Godean saja kemudian terus lurus ke arah barat sampai ke jalan Goa Kiskendo. Jalannya panjang dan berkelok karena berada di bawah pegunungan Menoreh.

Fasilitas di Goa Kiskendo

Fasilitas yang ada di dalam goa ini adalah ada air minum segar yang merupakan tetesan air dari stalaktit di bagian atas goa. Selain dari hal itu karena goa ini merupakan wisata alam, maka fasilitas lainnya masih belum tertata dengan baik. Meskipun begitu Anda masih bisa mendapatkan fasilitas tersebut di luar goa ini. Berikut ini adalah beberapa hal yang akan Anda dapatkan ketika berkunjung ke Goa Kiskendo.

  • Air segar di dalam goa

Anda berkesempatan menikmati segarnya air yang ada di dalam goa. Letaknya persis di tengah-tengah goa, di sebuah ruangan kecil yang bentuknya mirip dengan aula. Di dalam ruangan tersebut juga ada gentong yang berisi air tetesan stalaktit. Air tersebut merupakan air segar yang dapat diminum oleh pengunjung setelah menyusuri goa.

  • Pahatan relief kisah Ramayana

Banyak yang mengaitkan goa ini dengan kisah Ramayana di masa lalu. Padahal kisah tersebut merupakan kisah yang terjadi di India dan bukan di Indonesia. Bahkan tidak hanya relief kisah Ramayana saja, namun juga beberapa kisah lainnya diceritakan di dalam goa ini.

Ada kisah sejarah goa Kiskendo, ada pula kisah pertempuran Sugriwa dan Subali melawan Mahesasura dan Lembusura. Bahkan pada langit-langit goa juga ada relief yang memamerkan kepanikan Sugriwa dan Subali ketika terkurung di dalam goa akibat pintu masuk yang tertutup.

Sendratari yang mempertunjukkan Sugriwo & Subali vs Mahesasura & Lembusura. Image by akun IG kiskendokp
  • Pertunjukan tari

Selain menikmati pemandangan indah yang ada di Goa Kiskendo, pengunjung juga bisa melihat pertunjukan tari yang ada di daerah goa tersebut. Pertunjukan tari biasa dimulai dari jam 10 pagi setiap harinya. Tema yang diusung adalah kisah Ramayana, pengunjung akan sangat disayangkan jika sampai melewatkan pertunjukan ini.

Jam Buka Goa Kiskendo

Goa Kiskendo ini buka mulai jam 8 pagi sampai dengan jam 2 siang setiap harinya, bahkan di hari libur akhir pekan Anda juga tetap bisa masuk ke dalam goa ini. Sampai sini, sudahkah Anda tertarik untuk datang ke Goa Kiskendo? Nah, kalau tertarik untuk berkujung, rekan – rekan boleh loh menggunakan jasa Paket Wisata Jogja dari https://tripjogja.co.id.

This post was last modified on 15/10/2019 09:16

Wawan: Member dari Komunitas Blogger Jogja. Sedang belajar menjadi blogger yang baik meski banyak gagalnya. Kadang masih suka ngojol, tapi banyakan ngojolnya sih. Gambar lelaki tampan di sebelah kiri mengenakan jaket army look itu, saya, saat negara api belum menyerang. Kalo di bawah ini, icon share. Klik aja buat tahu cara kerjanya. Di bawahnya lagi, iklan.