Era Sandwich dan Aplikasi Bright Calculator untuk hitung arus kas bulanan

Carnaval Incurance Day 2016

“Kita berada di Era Sandwich mas” kata mas Fabi kepada saya yang masih belum mengerti apa maksud perkataannya tersebut. Suara riuh perhelatan Carnaval Incurance Day 2016 di Alun-alun Selatan Yogyakarta sedikit banyak membuyarkan konsentrasi saya.

“Kita, tidak hidup sendiri. Ada pasangan tercinta, ada anak terkasih, serta ada orang tua yang disayang jika masih hidup. Saat kita masih muda, orang tua kita tentu belum terlalu renta. Mereka mungkin saja bisa berkata “Kejar cita-citamu nak. Tak perlu risaukan kami”. Namun ketika mereka telah renta dan sakit-sakitan, apa mungkin kita akan diam saja dan tidak mempedulikan mereka yang telah berlelah-lelah membanting tulang demi kita.

Saat ini, kita bekerja keras untuk keluarga. Untuk segala kebutuhan anak dan istri. Untuk sekolah, untuk makan, untuk tabungan dan segala rupa yang tentunya menjadi kebutuhan sehari-hari. Tidak ada yang salah di sini. Semua berjalan seperti hari-hari yang sama. Tapi pertanyaannya adalah sampai kapan?

Inilah era Sandwich. Masa dimana kita akan mengurus semuanya. Orang tua membutuhkan biaya penghidupan sedangkan anak memerlukan biaya untuk mengejar pendidikan. Setega apa hati kita jika kita memilih satu saja. Tidak mungkin bukan?. Mengurus orang tua adalah kewajiban. Memenuhi kebutuhan istri dan anak adalah kewajiban juga. Tegakah kita mengorbankan tabungan masa depan anak demi menghidupi orang tua? Atau sebaliknya, tegakah kita mengorbankan biaya penghidupan orang tua demi pendidikan anak?

Satu pilihan sulit diantara banyak pilihan sulit. Selamat datang di era Sandwich, masa dimana kita akan terjepit diantara dua pilihan. Jika sebelumnya kita telah mempersiapkan diri untuk menghadapi era ini, maka tidak akan ada kekhawatiran yang berarti. Namun jika kita terlena dengan masa nyaman sehingga tidak terpikir akan kedatangannya, sungguh, kita akan merasa seperti di tempat gelap lagi sempit. Cobalah bayangkan hal itu.” ujarnya mempungkasi penjelasannya.

Saya tidak sedang mengajak untuk berasuransi. Hanya ingin mengingatkan kepada kamu yang membaca tulisan ini untuk merencanakan masa depan. Bahasa gaulnya tuh Ngeplanning masa depan. Agar ketika era Sandwich datang, kita ngga keteteran kebingungan bahkan terjebak dalam hutang piutang. Amit-amit dah, jangan.

Web Aplikasi Bright Calculator dari Bright Advisor

Saya mengerti, ada banyak alasan tidak menggunakan asuransi. Ada yang belum tahu asuransi, ada yang takut berasuransi, ada juga yang bingung pilih asuransi. Kita tidak sedang membahas mana asuransi yang paling bagus. Disini saya akan memperlihatkan sebuah aplikasi yang bisa digunakan oleh siapa saja untuk menghitung seberapa sehat kondisi arus kas kita setiap bulan.

Namanya Bright Calculator. Seperti halnya kalkulator, aplikasi ini akan menghitung total pengeluaran perbulan dan mengeluarkan rekapitulasi serta rasionya. Untungnya, kita yang bukan nasabah Asuransi Sun Life tetap bisa menggunakan aplikasi Bright Calculator. Jika ingin mencoba aplikasi Bright Calculator ini, silakan meluncur ke link Aplikasi Asuransi.

Penampakannya seperti gambar di bawah ini. Perhatikan tulisan kiri atas. Ada tombol LOGIN. Hingga saya selesai mengisi dan klik tombol HITUNG SEKARANG (seperti pada gambar), saya yang bukan nasabah Sun Life tidak diminta untuk login. Artinya, semua orang bisa melakukan pengecekan seberapa sehat arus kas perbulan.

aplikasi bright calculator

Angka hanya ilustrasi yang saya isikan secara ngawur. Sekedar contoh

Setelah mengisi kolom-kolom tersebut, silakan klik tombol HITUNG SEKARANG. Maka halaman yang muncul berikutnya adalah seperti gambar di bawah ini.

aplikasi bright calculator

hasil perhitungan aplikasi bright calculator

Silakan perhatikan dengan seksama hasil perhitungan aplikasi Bright Calculator. Bagaimana kesehatan arus kas perbulan. Apakah defisit? Wah, ternyata contoh diatas tidak sehat. Jika sudah begitu, feel free untuk berkonsultasi kepada Agen Finansial yang siap membantu merencanakan atau memberi saran agar bisa sehat keuangannya. Klik tombol KONSULTASI DENGAN FINANCIAL AGENT. Maka kamu akan diajak ke halaman baru seperti pada gambar.

bright advisor

Disini, untuk yang menjadi nasabah Sun Life bisa langsung masuk dengan menggunakan akunnya. Namun bagi kamu yang bukan nasabah, silakan menggunakan akun Facebooknya. GRATIS alias Ngga bayar. Tapi jika ingin mengintip apakah ada pertanyaan yang mirip dengan pertanyaan kamu, silakan klik tombol dengan ikon bulat-bulat itu. Ada perihal Kesehatan, Investasi, Pendidikan, Proteksi.

Lihat gambar di bawah ini.

aplikasi bright calculator

Seperti gambar diatas. Akan ada banyak pertanyaan yang bisa kamu cek satu persatu apakah cocok dengan pertanyaan milik kamu. Jika dirasa belum ada yang cocok, kamu bisa menanyakan langsung kepada agen.

Di bawah ini ada gambar yang mewakili salah satu pernyanyaan. Apakah pertanyaan kamu mirip?

aplikasi bright calculator

Monggo, silakan bertanya di Bright Advisor. Feel Free untuk bertanya ya, karena memang Free dan bebas untuk siapa saja. Aplikasi ini sangat tepat buat kamu yang pengin tahu bagaimana merencanakan masa depan dengan lebih baik.

Salam.

aplikasi bright calculator

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai