Cara Pasang Iklan Adsense di WordPress Self Hosting | Untuk Nubi

Cara Pasang Iklan Adsense di WordPress Self Hosting.

Cara Pasang Iklan Adsense di Blogspot

Fokus di Cara Pasang Iklan Adsense di WordPress Self Hosting ya.

 

Adsense memang menarik. Keberadaannya membuat semua nubie menelan ludah. Hal tersebut sering kali disebabkan oleh para mastah yang kerap mengumbar screenshot earning report dari akun adsense mereka. Ditambah setiap bulannya mereka hampir selalu update status di facebook dengan kata ajaib yaitu “kantor pos”. Bukan rahasia lagi jika para publisher mengucap “kantor pos” maka yang dimaksud adalah mengambil pundi-pundi dollar mereka.

Adsense memang menggiurkan. Bagaimana tidak menggiurkan, terlepas dari mandi keringat mereka dan jatuh bangun index deindex mereka, masyarakat terlanjur melihat bahwa “tidak kerja tapi kaya”. Yang terlihat dari luar adalah “nganggur berduit” bukan “bekerja cerdas”. Kerjaannya hanya duduk di depan komputer dan tiap bulan digaji Google. Tapi biarlah, toh yang menikmati dollar adalah para publisher. :p

Bagaimana mendapatkan akun adsense?

Tentu pertama kali yang harus dimiliki adalah akun gmail. Berikutnya adalah blog yang terisi beberapa postingan, dan kemudian mendaftar di Adsense. Terdengar mudah memang, tapi sebetulnya tidak demikian. Mengapa? karena pada kenyataannya banyak sekali yang gagal melakukannya.
Namun untunglah, ada kawan yang bisnis Jasa Buat Akun Adsense. Kehadirannya cukup membantu. Karena setidaknya saya tidak perlu bercemas-cemas ria saat harus menunggu “surat keputusan” dari mpu Gugel. Hitung-hitung, kuota yang dipakai untuk mendaftar Adsense bisa dialihkan untuk browsing yang lain. :v

Setelah memiliki akun adsense, lantas bagaimana?

Tentu harus dipasang. Namun dipasang dimana? Jawaban sederhananya adalah dipasang di blog yang tidak melanggar TOS Adsense. Contohnya apa saja? waduh, buanyak e. Silakan Peraturan Adsense untuk melihat aturan main dari Adsense agar lebih jelasnya.

Peletakannya bagaimana?

Mengenai hal tersebut sebenarnya bebas. Suka-suka pemiliknya. Bisa dipasang di sidebar, footer, content, header dan lainnya, asal tetap sejalan dengan TOS-nya. Menurut para mastah, letak iklan paling banyak earning adsense adalah di dalam postingan. Menjadi bagian dalam tulisan kamu. Bisa sebelum judul, setelah judul, sebelum paragraph, di tengah tulisan atau akhir postingan. Banyak pilihan bebas dipilih. Caranya bajay mana?

Cara Pasang Iklan Adsense untuk Tingkatkan earningmu

Cara Pasang Iklan adsense menggunakan Plugin

Cara pasang adsense di tengah postingan

Dibawah ini adalah cara pasang adsense di tengah postingan. Harapannya adalah agar pembaca melihat dengan jelas bahwa ada iklan disana. Kalau cocok ya diklik, kalau ngga cocok ya diklik, eh, dilewatin.

Apakah cara ini saya yang menemukan? bukan, bukan. Saya tidak sejago itu. Saya nubi-nya nyubi atau nubi level akut. Istilah adsense aja baru hari kemarin saya tahu. :v Cara pasang iklan adsense di postingan di bawah ini saya copy dari wpbeginner.

Copy kode di bawah dan paste di funcion.php. Tepat sebelum kode ?>

//Insert ads after second paragraph of single post content.

add_filter( ‘the_content’, ‘prefix_insert_post_ads’ );

function prefix_insert_post_ads( $content ) {

$ad_code = ‘

letakkan kode script adsense disini

‘;

if ( is_single() && ! is_admin() ) {
return prefix_insert_after_paragraph( $ad_code, 2, $content );
}

return $content;
}

// Parent Function that makes the magic happen

function prefix_insert_after_paragraph( $insertion, $paragraph_id, $content ) {
$closing_p = ‘</p>’;
$paragraphs = explode( $closing_p, $content );
foreach ($paragraphs as $index => $paragraph) {

if ( trim( $paragraph ) ) {
$paragraphs[$index] .= $closing_p;
}

if ( $paragraph_id == $index + 1 ) {
$paragraphs[$index] .= $insertion;
}
}

return implode( ”, $paragraphs );
}

Perhatikan kode diatas. Ada kata-kata “letakkan kode script adsense disini”. Seperti maksud dari tulisan itu, letakkan kode adsense atau iklan lain di sana. Peletakannya pun asal paste aja, ngga perlu diParse seperti halnya cara pasang iklan adsense di Blogspot/Blogger.

Kemudian perhatikan lagi. Ada angka “2” diantara kode yang membingungkan diatas. Hal itu kurang lebih artinya iklan akan ditempatkan di paragraph ke 2. Boleh saja mengganti nilainya. Bisa 3 atau 4.

Setelah semua sudah sesuai dengan yang diinginkan, maka klik tombol “update file”. Sekarang cek apakah iklan adsense kamu sudah terlihat.

Sudah? alhamdulillah.
Jika belum terlihat bajaymana?

Saya pernah mengalami kasus serupa. Yang pertama, sebelum iklannya diaprove. Sehingga iklan adsense, belum nampak. Hal tersebut karena masih periode “penilaian”. Hal itu terjadi sewaktu masih suka coba-coba daftar sendiri. Tapi gagal.
Kasus kedua, saya sempat bingung sendiri. Diutak-atik bagaimanapun, iklan ngga muncul. Semua posisi iklan. Jadi ngga cuma satu letak saja. Setelah coba ganti browser, jebulnya iklan sudah muncul dengan kerennya. Oalaah, masalah browser.

Cara pasang iklan adsense di WordPress self hosting diatas adalah cara manual. Silakan jika ingin mencobanya. Tapi ada juga cara memasang adsense di wordpress dengan plugin. Buat kamu yang ingin menggunakan plugin, Silakan tunggu di blog ini. Saya buatin besok.

Baca : Cara Pasang Iklan Adsense di WordPress Self Host Menggunakan Plugin.

Oke, segini dulu dari saya, karena memang hanya segini yang saya bisa. Maka dari itu, tutorial cara pasang iklan adsense di wordpress self hosting saya cukupkan disini. Semoga bermanfaat.

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai