Cara Paling Benar Perbaiki Kamera HP Yang Buram

Cara Perbaiki Kamera HP yang Buram

Kamera HP kamu buram saat memotret bahkan ketika berada di bawah terik matahari? Sekarang kamu ingin perbaiki kamera HP kamu yang buram itu? Sebelum kamu putuskan untuk membawanya ke konter service handphone yang bertebaran di pinggir jalan, ngga ada salahnya kamu coba tips ini. Tapi mohon diingat. Semua yang kamu lakukan terkait memperbaiki kamera HP ini atas keinginan kamu sendiri serta menanggung resikonya sendiri lho ya.

Kamera HP saya juga buram. Hasilnya tentu saja sangat tidak memuaskan. Terlebih ketika pada sebuah moment yang saya harapkan bisa dijepret dengan sangat baik. Ternyata setelah melihat hasilnya malah jadi kepingin nangis. Lihat gambar di bawah.

Cara Paling Benar Perbaiki Kamera HP Yang Buram

Gambar di atas saya harapkan akan memberikan efek tiga dimensi kepada penontonnya. Namun lihat saja hasilnya. Bikin sakit mata bukan? Gambar diatas saya ambil saat berkunjung ke Museum 3D Jogja, De Mata. Sebut saja hasil kameranya blur. Ya, semua blur. Untuk semua foto yang menggunakan kamera hp saya. *nangis

Setelah saya amati, kaca kamera hp saya sudah buram. Dipenuhi dengan guratan-guratan halus akibat penggunaan. Mungkin terjadi ketika saya taruh di sembarang tempat yang kemudian menggaris permukaan kacanya. Maklum, kaca kamera hp saya bukan Gorilla Glass, hanya mika biasa.

Saya langsung Googling cara perbaiki kamera HP yang buram. Nemu sih. Tapi saya ngga puas. Di semua artikel yang saya baca, kebanyakan mengajarkan cara yang sama persis. Saya pastikan mereka copy paste dengan sedikit penyesuaian. Tidak saya coba. Karena saya sudah bisa mengira pasti hasilnya ZONK.

Di artikel tersebut dikatakan jika ingin mengkilapkan kembali kaca kamera hp yang buram maka diolesi pasta gigi yang kemudian digosok-gosok hingga hilang guratan-guratannya. Tambahan berikutnya apabila tidak bisa hilang maka di beri cairan kimia pengkilap mobil dan seterusnya-seterusnya. Saya percaya itu Zonk.

Saya berbekal pada dua pengalaman berbeda yang pernah saya alami. Pengalaman pertama adalah sebagai tukang servis handphone dan pengalaman kedua adalah pernah bekerja di pabrik motor yang lokasi kerjanya di samping painting plastic. Painting Plastic adalah satu divisi yang melakukan pengecatan pada badan sepeda motor. Ketika material tersebut sudah dicat namun ada baret-baret, maka harus dikilapkan kembali. Caranya adalah amplas pada bagian yang ada guratan. Kemudian berikan dempul pada permukaan bekas amplas kemudian digosok. Mereka menggunakan alat khusus saat menggosok. Hasilnya, guratan yang dalam sekalipun bisa hilang. Mengkilap sempurna.

Nah, berdasar pengalaman itu saya meyakini bahwa cara perbaiki kamera hp yang sudah saya gugling adalah salah. Not working.

Saya pakai cara kedua, yaitu pengalaman sebagai teknisi handphone. Biasanya, teknisi handphone hanya “angkat dan ganti” itu saja. Buzzer rusak, solusi “angkat dan ganti”. LCD rusak, solusi “angkat dan ganti”. Gitu melulu. Kecuali kerusakan pada program. Lalu kasus kamera hp buram bagaimana?

Ya tinggal angkat yang buram dan ganti.

Masalahnya ada di part pengganti. Bisakah kita menemukan part kaca penutup kamera hp yang sesuai dengan ponsel kita? Saya yakin itu sangat susah. Solusinya bagaimana?

Ada solusi yang mudah dan murah.

Kita mulai saja cara paling benar perbaiki kamera hp yang buram. Siapkan barang-barang yang saya tulis di sini.

Yang pertama : Cutter atau yang saya gunakan adalah pemes (bs Jawa). Entah dalam bahasa Indonesia benda ini namanya apa. Yang kita gunakan hanyalah pada bagian ujungnya yang runcing.

cara perbaiki kamera hp yang buram

pemes

Langkah berikutnya adalah Mulai mencungkil. Yup, yang kita cungkil adalah kaca penutup kamera HP.

cara perbaiki kamera hp yang buram

cungkil, cungkil, cungkil yang dalam. Mari berkebun di hape kita.

Karena menggunakan pemes membuat jari saya sakit, maka saya melapisinya dengan tisu. Ternyata tisu tidak hanya untuk membersihkan perut pacar ya. :v

cara perbaiki kamera hp yang buram

Nah, setelah diselimuti dengan tisu, akhirnya tuh pemes hangat dan nyaman digunakan. Teruskan proses cungkil mencungkilnya. Hingga kaca penutup kamera bisa dicopot. Biasanya kaca penutup tersebut dilem sehingga akan berat saat dicopot. Kerahkan semua tenagamu. Bukannya tadi sudah makan 5 piring penuh?

cara perbaiki kamera hp yang buram

Alhamdulillah, kaca penutup kamera hp yang buram sudah berhasil diangkat. Tinggal proses “ganti”. Nah, pertanyaannya adalah akan diganti dengan apa? Mengingat setelah kaca pelindung kamera dilepas maka kamera akan rentan dengan debu dan air. Maka saya memilih menggunakan :

cara perbaiki kamera hp yang buram

Pada pilihan pertama, saya menggunakan potongan plastik yang kemudian saya selotip sisi-sisinya agar menempel dengan lekat casing belakang ponsel saya. Namun ketika proses pemasangan sudah selesai dan dicoba, ternyata hasilnya buram. Pilihan kedua adalah dengan menggunakan selotip bening sebagai pelindung kamera. Hasilnya seperti gambar di bawah.

cara perbaiki kamera hp yang buram

Jauh lebih baik, iya kan? Gambar di atas adalah “meja operasi” saat misi pengangkatan kaca pelindung kamera hp yang buram. Meja operasinya adalah kasur saya. Waktu pelaksanaan adalah saat nglilir malam-malam. Saat terbangun tengah malam itulah operasi pengangkatan kaca buram dilaksanakan.

Setelah membaca dari atas hingga point ini, sudah jelas apa saja yang dibutuhkan?

Ya, hanya Cutter atau pemes dan selotip bening. Ujung runcing cutter digunakan untuk mencungkil dan kemudian selotip bening untuk menjadi pengganti kaca pelindung kamera yang sudah dicopot.

Ok sob, sekian tulisan cara paling benar perbaiki kamera hp yang buram. Segala resiko tanggung sendiri lho ya. Termasuk hilangnya garansi.

Di bawah ini adalah salah satu hasil cara perbaiki kamera hp yang buram.

hasil cara perbaiki kamera hp yang buram

gimana? bagus kan. Udah dicopot kaca pelindungnya.

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai