Cara Mengatasi Ponsel Android yang Mulai Lambat

Cara Mengatasi Ponsel Android yang Mulai Lambat

Cara Mengatasi Ponsel Android yang Mulai Lambat

Penggunaan ponsel android saat ini terutama di Indonesia memang bisa dikatakan lebih banyak ketimbang penggunaan ponsel iPhone dari Apple. Faktor utamanya adalah tipe dan merk ponsel android lebih banyak sehingga pengguna memiliki banyak pilihan. Jika dilihat dari perkembangannya pun, ponsel android lebih cepat menyuguhkan inovasi-inovasi baru sehingga hal itulah yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pecinta gadget. Apalagi saat ini telah banyak produk ponsel android dari segala merk yang menghadirkan kapasitas RAM yang luar biasa luas yang tentunya untuk tambah memanjakan penggunanya agar bisa menggunakan ponsel dengan lebih cepat dan tidak lemot.

Meskipun begitu, kadang pula ponsel android yang kita punya tetap berjalan lambat dalam memproses semua perintah. Apalagi jika pemakaiannya sudah menginjak waktu 1 tahun lebih. Karena semakin lama pemakaian ponsel, tentu kapasitas RAM akan semakin menipis. Tapi lambatnya ponsel android tidak hanya karena menipisnya kapasitas RAM saja, ada faktor lain yang juga bisa mempengaruhi melambatnya kinerja ponsel. Salah satunya adalah terlalu banyak aplikasi .apk yang di install di ponsel android Anda. Jika terlalu banyak, selain menjadi lambat, ponsel Anda pun akan lebih sering crashing, blank ataupun force close dan masih banyak lagi faktor-faktor penyebab ponsel menjadi lambat.

Tapi Anda tak perlu khawatir, karena ponsel android yang mulai lambat bisa diatasi dengan cara mudah berikut:

Bersihkan Home Screen

Homescreen sebagai layar utama biasanya dipenuhi berbagai shortcut untuk memudahkan mengakses aplikasi tanpa harus masuk ke menu utama. Tapi hati-hati, jika terlalu banyak shortcut di homescreen bisa menyebabkan ponsel kamu menjadi lambat. Untuk menghindari hal tersebut, sebaiknya gunakan shortcut untuk aplikasi yang memang benar-benar sering dipakai saja.

Un-install Aplikasi yang Tidak Penting

Kadang kita suka mencoba-coba berbagai macam aplikasi yang sebenernya tidak terlalu penting dan jarang dipakai. Terlalu banyak aplikasi akan membuat kapasitas penyimpanan menjadi berkurang yang juga bisa menyebabkan melambatanya kinerja ponsel. Lebih baik simpan aplikasi yang berguna dan sering digunakan. Jangan lupa untuk mensortir aplikasi apa saja yang kurang penting dan jarang terpakai lalu me-uninstallnya.

Gunakan Memori Eksternal

Banyaknya aplikasi yang terdownload biasanya otomatuis tersimpan di memori internal. Kadang hal inilah yang juga bisa mneyebabkan ponsel menjadi lambat. Anda bisa memanfatkan memori eksternal. Di beberapa tipe ponsel android sudah banyak yang menyediakan slot untuk memori eksternal untuk menambah ruang penyimpanan ponsel Anda jika dirasa memori internal ponsel sudah tidak mencukupi. Anda juga bisa memindahkan aplikasi yang tersimpan di memori internal ke penyimpanan memori eksternal karena biasanya kapasitas memori eksternal lebih besar bahkan ada yang mencapai hingga 256 GB.

Rutin Membersihkan Cache

Bagi anda para pengguna awam pasti kurang familiar dengan istilah cache. Cache adalah penyimpanan memori sementara pada ponsel android. Aplikasi biasanya menyimpan data cache agar dapat diakses kembali dengan cepat. Seiring dengan seringnya penggunaan ponsel, cache pun akan bertambah. Hal inilah yang membuat ponsel menjadi lambat. Untuk mempercepat kinerja ponsel android, Anda bisa membersihkan cache dengan aplikasi cleaner.

Non-aktifkan Fitur Auto-Rotate

Fitur auto-rotate memungkinkan pengguna untuk mengubah tampilan layar menjadi landscape. Meskipun tidak terlalu berpengaruh, dengan menon-aktifkan fitur auto-rotate dapat membantu kinerja ponsel menjadi lebih ringan sehingga bisa merespon lebih cepat.

Reset Pengaturan ke Setelan Pabrik

Cara terakhir adalah dengan merubah pengaturan ponsel android Anda kembali ke setelan pabrik yang akan membuat software ponsel kembali pada kondisi seperti awal Anda membelinya. Tapi perlu diingat, jika Anda memilih cara ini aplikasi dan data yang ada di ponsel Anda akan hilang sehingga anda perlu mendownloadnya kembali setelah ponsel berhasil di reset. Untuk itu sebaiknya Anda sudah mem-backup dahulu data-data yang penting agar tidak hilang.

Bila semua cara telah Anda coba tetapi kinerja ponsel masih terasa lambat mungkin memang saatnya Anda menggantinya dengan ponsel terbaru. Tak usah takut mahal karena kini Anda sudah dimudahkan oleh MatahariMall.com yang menyediakan beragam ponsel android murah dengan fasilitas cicilan. Untuk urusan gadget memang MatahariMall jagonya!

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai