Cara Mendapatkan Uang Dari Internet : Gampang ngga Gampang sih

Cara Mendapatkan Uang dari Internet

cara mendapat uang dari internet

hanya ilustrasi. ilus sama trasi

Hai para pencari uang. Apa kabar kalian saat ini? Nyasar di blog saya? Terima kasih ya, semoga kalian mendapatkan apa yang kalian cari tentang cara mendapatkan uang dari Internet.

Postingan kali ini temanya rada mastah meskipun sebenarnya yang nulis masih level nubi akut. Yang sudah mastah dimohon baca tulisan yang lain saja, misal Inilah Harga Power Bank Tenaga Surya Terbaru untuk Perjalanan Liburan Kamu. Yup, tulisan yang ringan-ringan semacam itu. Atau Belajar Menemukan Jati Diri Pada Pesona Desa Dermaji yang bertema potensi wisata daerah.

Buat kamu yang belum tahu sama sekali cara mendapatkan uang dari Internet, monggo dilanjut bacanya. Tapi sebelumnya, harap diketahui bahwasannya tidak ada yang instan. Semua hal yang akan kamu ketahui tentang “dapat duit dari Internet” dalam postingan ini memerlukan proses yang tidak sebentar. Memang jika mendengar cerita bahwa seseorang setiap bulannya pergi ke kantor pos dan pulang dari tempat tersebut selalu membawa sekarung duit, pasti ada sebuncah harapan agar bisa menjadi seperti beliau. Namun sekali lagi, tidak ada yang instan disini. Semua butuh proses. Jadi buat kamu yang tidak suka proses, mungkin tulisan ini kurang cocok buat kamu. Mungkin tulisan Menikmati Teduhnya Pantai Ngitun Gunung Kidul | Pantai Ngetun lebih pas. Kamu harus piknik sob.

Jadi begini mas bro mbak sis,
Cara mendapatkan duit dari Internet tuh sangat beragam. Jika harus dijelaskan bagaimana cara teknisnya dari masing-masing cara dapat duit dari internet, dijamin akan menjadi tulisan yang panjaaaaaaaaaaaaang kali lebaaaaaaaar sekali. Karena mengupas satu saja caranya, butuh postingan yang tidak hanya satu.

Kita tidak sedang belajar mencari uang lewat internet lho ya sob, kita sedang mengetahu ragam-nya.

Oke, karena kalian sedang memelototi sebuah tulisan dari sebuah blog, maka ragam cara mendapatkan duit dari internet kita mulai dari Blog.

Apa sih yang bisa kita dapatkan dari Blog? Bisa buat dapetin duit ngga ya? Di bawah ini adalah beberapa diantara pintu rezeki dari blog.

  1. Placement post, Sponsored Post dan sejenisnya

Jujur, saya masih nubi akut. Saya ngga tahu bedanya Placement Post dan Sponsored post dan seabreg istilah sejenis. Saya kurang mengenal istilah itu. Yang saya ketahui adalah artikel dalam sebuah blog bisa dijual atau dikontrakkan. Mungkin kamu kebingungan dan bertanya-tanya. Kok bisa dikontrakkan? Hahaha, kita bahas nanti, spoiler aja dulu. Lanjut Placement Post.

Kamu punya blog, anggap aja begitu. Blog kamu bernilai bagus di mata Google. Singkat cerita ada orang yang tertarik ingin menaikkan ranking blog miliknya melalui backlink dari blog kamu. Tapi dia sudah punya artikel, dengan satu atau dua backlink. Dia ingin kamu publish artikel tersebut di blog kamu. Tentu dengan bayaran yang sudah disepakati. Setahu saya itu namanya Placement Post. Ngga tau kalau sudah berubah nama. :v

Kamu punya blog, sebut saja begitu. Blog kamu bagus di mata Google. Lalu ada orang yang ingin produk miliknya kamu tulis. Imbalannya kamu dapet duit atau produk mereka secara gratis. Setahu saya, ini namanya Sponsored Post. Ngga tau kalau setelah negara api menyerang.

Tentang ini, saya ngga tau banyak tentang istilah yang bersliweran. Setahu saya, blogger nulis trus dibayar pakai duit atau produk. Perkara nominalnya berapa, hal itu bisa didiskusikan lebih lanjut.

2. Iklan

Sponsored post bisa masuk di point ini. Karena sponsored post juga berisi iklan atas pesanan orang lain. Tapi Iklan yang dimaksud di sini adalah iklan khusus yang berukuran tertentu. Kamu bisa perhatikan tulisan ini. Ada gambar kotak di postingan ini?

Itu yang saya maksud dengan iklan. Iklan bisa didapat dari Google Adsense, bisa dari perorangan atau produsen. Kamu perlu mendaftar lebih dulu di Google Adsense untuk ikut berpartisipasi. Setelah diapprove, kamu tinggal pasang di blog. Mengenai akan dipasang di mana, hal tersebut terserah kamu selaku pemilik blog. Ada sih saran peletakan iklan agar pendapatan menjadi maksimal, namun kembali ke diri kamu.

Untuk iklan perorangan atau produsen, kamu perlu menghubungi mereka dan memberikan penawaran. Tentu kamu musti memiliki artikel yang berhubungan dengan produk mereka. Sekedar contoh, misal kamu punya tulisan tentang sepatu yang ternyata muncul di page one dengan kata kunci sepatu wanita. Kamu ingin menjadikan tulisan itu menjadi mesin uang. Kamu bisa melakukan salah satu atau semua hal di bawah ini :

2a. Affiliate.

Bingung affiliate tuh apa? Gampangnya, affiliate itu makelar. Kita ngga punya barang tapi kita bisa menawarkan barang tersebut. Jika terjual, kita dapat komisi. Seperti contoh diatas, jika kamu punya tulisan tentang sepatu wanita, maka kamu tinggal mencari online shop yang menawarkan program affiliate. Misalnya, Lazada, Matahari Mall, Berrybenka, Hijabenka, Zalora, dan lain sebagainya.

Daftar di sana. Setelah mendaftar, kamu bisa membuat link khusus yang bisa kamu gunakan untuk menawarkan produk yang sesuai dengan artikel milikmu. Contoh diatas, sepatu wanita. Cari produk sepatu yang cocok, ambil link khususnya, pasang di blog, sebarkan. Jika ada yang membeli produk tersebut dari link yang kamu sebar, maka kamu berhak atas komisi yang telah dijelaskan pada perjanjian saat pendaftaran.

Jika kamu sekarang belum paham, tidak mengapa. Ada waktu yang dibutuhkan hingga menjadi paham, yaitu PRAKTEK.

2.b Jual produk sendiri

Bagian yang ini saya yakin kamu sudah paham. Perlu dijabarkan lagi?

Intinya, tulisan kamu bisa page one Google. Lantas kamu pasang kontak milik kamu sendiri. Trus kamu jualan produk kamu. Jika sudah memutuskan model beginian, maka semua lini harus sudah kamu pikirkan. Ketersedian produk, kemasan dan pengepakan, pengiriman, ongkos kirim, jam close order, jam open order, rekening, dan lain sebagainya. Banyak hal yang perlu dipikirkan. Tapi kan ngga apa-apa, calon juragan kok.

2.c Jual Produk Orang Lain

Point ini adalah pengembangan dari point di atas. Bedanya ada pada kepemilikan produk. Jika point 2.b menggunakan produk milik kamu sendiri. Maka poin 2.c menggunakan produk milik orang lain. Biasanya model begini menggunakan sistem Dropship.

Apa sih Dropship itu?

Contoh diatas menggunakan artikel sepatu wanita. Di dalam artikel tersebut ada kontak kamu. Jika ada yang ingin beli, maka kamu yang dihubungi. Setelah negosiasi dan transfer dana, maka kamu menghubungi pemilik produk untuk segera mengirimkan ke alamat pembeli. Jadi kamu ngga perlu pusing mikirin perkara kemasan, pengepakan dan pengiriman. Hal itu sudah dipikirkan oleh pemilik produk. Keuntungannya disitu.

Yang perlu dilakukan adalah mencari produsen yang mau bekerja sama dengan sistem Dropship. Sehingga kamu fokus di marketingnya aja.

3. Disewakan atau dikontrakkan

Nah, ini spoiler yang diatas tadi.
Ngga hanya rumah, ruko, kantor, gedung dan properti lain saja yang bisa dikontrakkan. Artikel atau blog juga bisa dikontrakkan. Ngga percaya? sama bro sis. Saya juga awalnya ngga percaya. Setelah mendengar langsung dari seorang kawan yang sudah melakukannya, baru ngeh kalau hal ini bisa dilakukan. Syaratnya?

Tetep ada syaratnya donk. Masih berkutat di pejwan, page one atau apalah sebutan kamu terhadap halaman pertama mbah Google.

Tidak semua orang bisa nangkring di pejwan. Sedangkan perkara bisnis online kebanyakan pada ngejar pejwan. Ya gimana ya bro, yang butuh produk biasanya nyari atau tanya dulu ke mbah Google kan? jadi yang tampil di halaman depan hasil pencarian mbah Google-lah yang berpotensi mendapat keuntungan lebih besar.

Tapi gimana dong buat yang ngga bisa nyampe di pejwan. Padahal dia sudah ngelakuin apapun sebisanya biar bisa pejwan? Nah, kamu bisa muncul di hadapan dia dan berkata “Tenang saudara. Saya punya postingan yang sesuai dengan produk kamu. Sudah pejwan dengan kata kunci ini dan itu. Tapi ngga ada kontak yang bisa dihubungi. Tertarik untuk mengisi bagian kontaknya? mari kita bicarakan lebih lanjut”

Tips diatas bisa kamu praktekin untuk satu postingan. Tapi bisa juga digunakan pada seluruh blog. Namun khusus untuk seluruh blog, kamu perlu membuat domain yang ada keywordnya. Maksudnya, jika ingin fokus pada peluang bisnis rental blog, ya bikin blog dengan keyword on domain. Contoh : rentalmobilbali, tourtravelsurabaya, oleholehJogja dan lain sebagainya. Silakan kamu utak-atik sendiri atau nyontek keyword planner atau Google Sugestion. Setelah bikin satu, lanjut ke fokus di pejwan pada kata kunci yang sudah ditarget. Jika semua sudah, tinggal cari calon kontraktor.

4. Review Produk

Kerap seorang blogger diundang untuk mereview sebuah produk yang sedang dilaunching. Biasanya ada imbal baliknya. Bisa berupa free product atau duit.

cara mendapatkan uang dari Internet

saat diundang The Harvest yang sudah beroperasi di Jogja.

 

Kok keliatannya mudah ya? ngga lah. Siapa disini  yang bilang mudah?

Saya tulis diatas, “beberapa” saja kan ya? :v :v
jadi dari segmen Blog ya saya tulis beberapa aja boleh dong. Hehehe. Sebenarnya masih cukup banyak. Saya khawatir nanti postingan ini jadi super panjang. Ini aja udah 1370 kata padahal masih ada Content Writer untuk blog, Jasa Seting blog, Jasa SEOin blog, dan masih ada segambreng lainnya.

Kita lanjut di cara mendapatkan uang dari Internet. Kali ini melalui pintu sosial media.

SOSIAL MEDIA

Ada banyak gerbang untuk memanen rupiah dari sosial media. Seperti halnya sebuah pasar, sosial media itu ngumpul banyak banget orang yang berpotensi untuk melakukan transaksi. Nah dari pemahaman dasar itu, Sosial Media bisa kita manfaatkan sebagai peluang bisnis yang menjanjikan. Wuuzz, bahasanya udah macam MLM aja. Padahal saya ngga mudeng apa yang saya tulis inih. :v

  1. Cara mendapatkan duit dari Facebook

1.a Fans Page

Seorang kawan pernah membuat fans page grup band ternama di Indonesia. Followernya jauh lebih banyak daripada fans page band aslinya. Melihat hal itu, ada pihak yang ingin membeli fans page tersebut. Terjadilah transaksi jual beli. Nilainya ratusan juta.

Seorang kawan yang lain, memiliki fans page tentang anak-anak remaja. Seperti kita tahu, demand tentang dunia remaja besar sekali. Hal itu dimanfaatkan dengan baik olehnya. Dibuatlah fans page tersebut. Respon bagus banget. Jadilah fans page dengan follower jutaan. Sekali posting, jumlah like langsung bejibun. Kita ngga bicara puluhan, ratusan, ratusan ribu jumlah like. Tapi jutaan like yang ia dapatkan sekali posting. Kan viral bro. Manfaatnya apa kalo dapat like banyak macam itu? Contoh gampangnya ya produk lagi. Jika posting tentang produk dan mendapatkan like banyak, manteb banget kan. Senyumnya marketing pasti lebar banget tuh.

Kamu bisa juga mencontoh yang demikian itu. Bikin fans page, posting hal-hal yang berguna, yang positif saja. Jangan share kebencian atau hoax. Cari yang halal aja ya kakak. Posting sesering mungkin. Sambil tetap posting, mulailah mengajak like fans page teman-teman dalam list pertemanan. Awalnya memang seperti itu. Jika nanti sudah banyak yang like FP, proses mengajak sudah tidak perlu dilakukan.

Baca : Cara Membuat Fans Page Facebook

1.b FB Ads

Sekali lagi, sosial media itu ibarat pasar. Tempat ngumpulnya manusia-manusia dengan karakter serta hobi atau kesukaan masing-masing. Tapi tidak sesederhana itu parameternya. Lebih kompleks lagi. Masih ingat saat mendaftar facebook dulu? ada banyak kolom pertanyaan mengenai diri kamu kan? nah data itu dimanfaatkan oleh facebook untuk memetakan penggunanya dengan tepat. Maka, sangat mungkin jika kamu mendapati iklan produk tertentu yang tidak muncul di akun orang lain. Karena detail akunnya berbeda.

FB Ads seperti itu kurang lebih. Ia bisa menampilkan iklan dengan segmented seperti itu. Misal : Sebuah iklan hanya muncul pada orang-orang yang berada di Jogja, perempuan, usia 19 hingga 27 tahun, menyukai kecantikan, jalan-jalan, fashion serta iklan tayang pada jam-jam tertentu. Nah, dari batasan-batasan tersebut, kamu yang cowok meski range usianya cocok dan suka kecantikan serta jalan-jalan tidak akan melihat iklan yang dimaksud.

Sudah mendapat pencerahan sebuah peluang usaha? Kalaupun kamu ngga punya produk sendiri, toh kamu bisa menjual produk orang lain atau sekedar mengiklankan produk orang lain, tentu kamu dapat tip jasa.

2. Instagram

2.a Endorse

cara mendapatkan uang dari Internet

diendorse Batik ShiboriKiyatMbah

Ini juga media sosial. Sedang, bukan sedang sih, sudah naik daun dan sedang gandrung-gandrungnya. Apa itu gandrung? dah ngga usah dipikirin. :v

Instagram adalah media sosial yang lebih fokus ke share gambar. Berbeda dengan facebook yang menampilkan tulisan, Instagram memang lebih mengarah ke gallery foto ketimbang tulisan. Pada home Instagram, muncul yang pertama kali adalah gambar. Kemudian deskripsi dari gambar. Berikutnya komentar yang hanya dimunculkan satu atau dua saja.

Facebook, bisa posting tanpa gambar. Instagram tidak bisa posting tanpa gambar. Jadi, jika ingin menarik perhatian follower Instagram, pastikan gambar yang akan diposting cukup unik. Untungnya apa?

Ketika nanti banyak like yang kamu dapatkan, maka kemungkinan untuk dilirik produsen akan semakin besar. Kamu bisa saja diajak untuk kerja sama semacam Endorse. Jadi selebgram gitu.

Baca : Cara Membuat Akun Instagram Terlihat Profesional. Lebih Pro

3. Twitter

3.a Buzzer Twitter

Yang kita bahas di sini adalah bisnis online lho, termasuk Buzzer Twitter. Meski agak meredup saat tulisan ini dibuat, namun bukan berarti Twitter tidak lagi digemari. Twitter masih menjadi portal berita yang bisa diharapkan akan kecepatan sharenya. Contoh : saat saya mendapati kemacetan di Umbul Harjo (eks Terminal), saya langsung cek twitter. Bukan google, fesbuk atau instagram. Benar saja, Ternyata ada sekelompok anak sedang kesurupan di sana. Manfaatnya?

Twitter masih menjadi tempat jujugan untuk mencari info dengan cepat. Karena twitter mengkhususkan diri sebagai sosial media yang fokus di teks. Itupun dengan jumlah karakter huruf yang terbatas. Sangat pendek. Dengan demikian, pastinya akan sangat ringan diload oleh handphone.

Kamu bisa membuat akun twitter yang kemudian kamu arahkan sebagai portal informasi yang berguna bagi masyarakat. Sehingga ketika nanti followernya sudah banyak, kamu bisa menawarkan diri untuk membantu promosi atau justru merekalah yang akan meminta bantuan untuk hal tersebut.

4. Jasa Follower dan Like

Duh, followerku sedikit. Duh, tiap posting jumlah like yang kudapet cuma dikit, gimana ya caranya bisa dapet banyak?

Itu kan yang pengin kamu tanyain?

Di jagad Internet, ada juga lho yang menawarkan jasa like dan tambah follower yang dibanderol sekian rupiah. Jasa ini sangat membantu mereka yang ingin terlihat punya follower banyak dan like bejibun. Cara untuk nyemplung di bisnis ini gimana?

Kerja di bidang ini bukanlah bisnis online low cost atau usaha modal kecil. Bukan rahasia lagi jika ada orang yang mempunyai akun media sosial lebih dari satu. Untuk membangunnya tentu butuh modal yang tidak sedikit. Kemudian untuk mengelolanya butuh tool khusus. Tool berbayar? sangat mungkin.

SARAN

Jika kamu ngga bisa, eh jangan dink, jangan bilang “ngga bisa” sebutlah dengan kata “belum bisa”. Jika kamu belum bisa ngeBLOG. Belum bisa menghasilkan tulisan yang cukup bagus, sedangkan kamu sudah kebelet pengin mencoba cara dapat duit online, sekedar saran dari saya. Monggo boleh dipakai atau dicuekin saja.

Syaratnya kamu punya media sosial. Boleh Twitter atau Facebook. Asal jangan bukan Instagram. Karena Instagram tidak bisa share live link. Live link itu adalah tautan yang bisa kamu klik dan menuju web yang diinginkan.

Cara dapat duit online yang dimaksud adalah dengan menjadi Affiliate online shop. Semacam Lazada, Matahari Mall, dan lain sebagainya. Sepertinya sudah saya bahas sebelumnya. Coba scroll ke atas. Jadilah bagian dari program Affiliate tersebut. Tentukan produk apa yang hendak kamu jual. Ambil link khusus yang telah disediakan. Kemudian sebar melalui akun sosial media yang kamu miliki.

Target awal mungkin tidak perlu muluk setinggi langit. Cukup dengan menyebar cookies saja. Maksudnya, ketika seseorang ngeklik link yang kamu sebar, maka sesungguhnya cookies sudah tertanam di perangkat yang ia gunakan. Biasanya cookies bertahan hingga 30 hari. Artinya, jika ia tidak beli sekarang tidak mengapa. Tapi jika ia melakukan pembelian selama rentang waktu 30 hari tersebut, kamu tetap mendapat komisimu. Biasanya seperti itu. Jika tidak seperti itu, mungkin ada perubahan yang belum saya ketahui. cmiiw.

Selain tekad baja untuk terus melakukannya, untuk bisa melakukan hal seperti diatas, kamu membutuhkan seperangkat alat online yang dibayar tunai, eh.

Oke gitu aja. Terima kasih sudah membaca tulisan sederhana cara mendapatkan uang dari Internet.

Saatnya beraksi!

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai