Belajar cara membuat blog bagi pemula bareng Pojok Duta Damai

Belajar cara membuat blog bagi pemula bareng Pojok Duta Damai

Melihat antusiasme teman-teman yang ingin belajar blog, membuat seorang Elza tergerak untuk membuka kelas umum cara membuat blog bagi pemula di Rumah Kreatif Jogja. Benar saja, kolom komentar di media sosial yang ia miliki tidak berhenti untuk menanyakan teknis pendaftaran. Hingga hari H pelaksanaan, (tanggal) sudah terkumpul sebanyak 16 orang peserta.

Bersama Pojok Duta Damai, gadis yang juga seorang MC Jogja ini mengajarkan cara membuat blog bagi pemula. Tidak hanya sekedar teori yang ia ajarkan, melainkan juga praktek langsung. Beruntung, wifi di Rumah Kreatif Jogja cukup kuat untuk dikeroyok banyak user.

Rumah Kreatif Jogja itu sendiri merupakan CSR dari Bank BRI. Properti ini terbuka untuk umum. Disediakan ruang meeting yang sangat nyaman dan bisa digunakan oleh siapa saja. Gratis tidak dipungut bayaran. Hanya saja, jika ingin menggunakan tempat tongkrongan yang keren ini musti mengajukan proposal terlebih dahulu.

Perorangan bisa banget untuk mengakses tempat ini. Kamu bisa menggunakan Mac yang ada di sana. Menikmati lajunya internet yang disediakan. Asal, kamu mengerjakan sesuatu yang produktif dan hal tersebut dilaporkan di buku tamu. Seperti kami yang sedang belajar cara membuat blog bagi pemula bimbingan mbak Elza ini.

Mbak Elza dan tim Pojok Duta Damai, mengajukan proposal ke Rumah Kreatif Jogja. Tujuannya adalah untuk mengadakan acara Mewarnai Indonesia sebagai bagian dari tugas mereka sebagai duta Damai. Pojok Duta Damai yang pembentukannya diinisiai oleh BNPT ini memiliki tugas yang tidak mudah. Meliterasi masyarakat digital untuk lebih menekankan perdamaian, mengcounter isu radikal, dan lebih mengutamakan persatuan dan kesatuan. Sebuah tugas yang berat, kawan.

Belajar membuat blog

Saya yang saat itu turut serta belajar cara membuat blog bagi pemula merasakan bahwa acara seperti ini sungguh bermanfaat sekali. Terutama bagi mereka yang menyenangi dunia digital. Ketika di luar sana banyak muda mudi yang menghabiskan kuota internet untuk sekedar haha hihi, kami di ruangan yang sangat cozy itu diajarkan untuk memanfaatkan internet dengan lebih bijak. Menyebarkan kebaikan melalui blog.

cara membuat blog bagi pemula (2)

Mbak Elza, menjelaskan perihal Pojok Duta Damai.

Di acara Mewarnai Indonesia itu kami juga dikenalkan dengan kemajemukan. Turut serta kawan-kawan dari disabilitas datang sebagai peserta. Kami duduk tidak ada sekat. Tidak ada batas yang membuat kami berjarak. Justru saya mendapat pelajaran yang sungguh bermakna. Semangat Andika dan Dian, peserta penyandang disabilitas, membuktikan bahwa keterbatasan tidak cukup kuat untuk menghalangi luapan semangat yang mereka miliki.

Keduanya adalah peserta kursus blogger dengan Celebral Palsy. Meski demikian, Celebral Palsy tidak menghentikan niat mereka untuk tahu lebih banyak tentang blog. Materi cara pembuatan blog yang disampaikan pemateri dapat diserapnya dengan baik.

cara membuat blog bagi pemula

Andika (baju biru) dan Dian (kiri Andika) berpose bersama peserta Kelas Mewarnai Indonesia. Gambar diambil dari Anotherorion.com

Saya juga belajar cara pembuatan blog melalui salah seorang mentor yang hadir saat itu. Mas Priyo, begitu ia biasa disebut. Beliau adalah salah seorang member Komunitas Blogger Jogja yang bersedia menularkan kepiawaiannya mengelola blog hingga menghasilkan pundi-pundi dollar setiap bulannya. Mas Priyo ini sehari-hari berkecimpung di dunia pendidikan. Sebagai seorang guru IT di sekolah umum dan bisa dihubungi dengan mudah di blognya, AnotherOrion.

cara membuat blog bagi pemula

Saya (kaos hijau) sedang memperhatikan arahan mas Priyo (tengah. jaket putih hitam)

Rencananya, kelas Mewarnai Indonesia dengan tema belajar blog wordpress akan dilanjut bulan depan. Sementara akan dilaksanakan satu bulan sekali. Namun jika demand semakin naik, maka kemungkinan akan dilaksanakan dua minggu sekali.

Yang menyenangkan dari kelas ini adalah sistem konsumsi potluck. Dimana setiap peserta membawa bekal makanan sendiri. Sehingga ketika dikumpulkan, menu konsumsinya sangat beragam. Selain sebagai peserta didik, saya juga merangkap seksi icip-icip yang ahli di bidangnya. 😀

Harapan saya, kelas yang sangat bermanfaat ini bisa terus diadakan dan tetap gratis. Jika sementara ini ruang yang digunakan berpindah-pindah, semoga kedepan akan mempunyai ruangan milik sendiri dan dapat menampung peserta yang lebih banyak.

cara membuat blog bagi pemula

Para peserta antusias memperhatikan pengarahan pemateri, Mbak Elza. Sementara saya (kaos hijau bertopi) tengah belajar cara menulis kepada mbak Tikah (kanan saya. jilbab hitam)

Oh iya, kelas cara membuat blog ini disponsori oleh banyak pihak. Diskominfo DIY, Dinas Pariwisata Sleman, DeMata Trick Eye Museum, Rumah Kreatif Jogja, JogjaWebCenter, Yua Hijab ambil bagian dalam acara ini. Kamu ingin menjadi salah satu sponsor acara ini untuk kelas berikutnya? silakan hubungi panitia atau langsung kontak di nomor +62 822 4392 0723.

Segera kontak ya. Terima kasih.

baca juga : Cara pasang gambar Instagram di postingan blog
baca juga : Terbukti Ampuh! Cara menambah follower Instagram tanpa Aplikasi

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai