Blogger Nusantara yang Mudah dan Menyenangkan

Blogger ala Backpacker?

Tidak terasa event Blogger Nusantara sudah semakin dekat tanggal mainnya. Yang sudah mendaftar tinggal menyiapkan apa-apa yang dibutuhkan. Sebenarnya tidak banyak yang harus dibawa karena akan membebani perjalanan peserta itu sendiri. Keberangkatan hingga kepulangan adalah waktu yang tidak sebentar. Tentunya tidak ada yang berencana untuk repot menenteng, menjinjing, atau bahkan memanggul bawaannya kan? Berprinsip bahwa perjalanan adalah mudah dan menyenangkan harus diterapkan agar perjalanan menjadi benar-benar mudah lagi menyenangkan. Mungkin bisa mencontoh apa saja yang perlu dibawa ala backpacker.

Usahakan semaksimal mungkin hanya membawa satu buah tas. Dengan tas tersebut perjalanan akan dilakukan kemana saja, bisa kapan saja. Berjalan menyusuri jalanan kota, menaiki angkutan setempat, berinteraksi dengan sekitar, mendaki hingga menginap tidak akan jauh dari tas bawaan. Bawalah maksimal 3 kaos pendek, 1 kaos panjang, 1 celana jeans, 5 potong pakaian dalam dan 1 buah handuk. Jangan lupa bawa jaket karena selain menghangatkan badan, bisa juga berubah fungsi menjadi bantal. Sarung tangan dan kaos kaki perlu disiapkan, karena udara dingin bisa datang setiap saat. Β Bawalah alas kaki seperti sepatu kets dan sepasang sandal jepit untuk jalan-jalan. Dokumen-dokumen jangan sampai tertinggal, namun jika dikaitkan event Blogger Nusantara Jogja sepertinya berlebihan jika membawa paspor. Ingin mendokumentasikan perjalanan? cukup sekiranya menggunakan kamera handphone. Bisa digunakan merekam moment penting sekaligus sebagai alat komunikasi. Charger-nya sekalian dibawa, kecuali gadget kamu bisa diisi ulang dengan air teh. Obat-obat yang biasa anda konsumsi dibawa juga, jangan sampai ketika akan motret moment keren malah jatuh kejang-kejang. Buku catatan juga perlu dibawa, sekalian pulpennya. hehehe

Sedikiiiiit tentang Kraton

Oh, iya sekalian aja ditulis disini ya. Sudah tahu kan bahwa event blogger nusantara jogja dibuka di Pagelaran Kraton? seperti halnya dirumah kita, pasti ada aturan-aturan yang diberlakukan didalamnya. Begitu pula dengan Kraton Jogja. Selain sebagai cagar budaya, disana juga tempat tinggal RAJA MATARAM. *saya tulis dengan huruf besar agar menjadi perhatian. Bersikaplah yang santun, sopan lagi rapi dalam penampilan. Kenakanlah kemeja, jangan kaos jika tidak ingin abdi dalem mengusir keluar. Kenakan pula sepatu, jangan sandal jepit. Jangan bercelana pendek, kenakan celana panjang. Jeans juga boleh. Untuk wanita silahkan menyesuaikan. Untuk penutup kepala diperbolehkan, tidak harus mengenakan blangkon. Kurang lebih seperti itu, tidak jauh beda dengan adab bertamu biasanya tho? Kecuali sang Raja memberlakukan kembali sistem yang dulu pernah ada. Konon, begitu menginjak alun-alun maka seseorang harus berjalan timpuh untuk sampai kehadapan Sang Raja. Timpuh adalah seperti berjalan jongkok. Namun saya rasa, Beliau tidak akan seperti itu.

Sendirian ke Blogger Nusantara, ga kenal siapa-siapa?

Jangan takut. Coba cek daftar peserta yang dirilis panitia. Siapa tahu ada seseorang diluar sana yang satu kota dengan kamu. Komen saja diblognya dan ajak ketemuan. Rencanakan perjalanan bersama menuju Blogger Nusantara. Akhrinya perjalanan tidak sendirian kan. Kalaupun tidak ada teman seperjalanan, yakinlah bahwa nanti kamu akan mendapatkan kawan segudang.

Kantong mepet, gimana dong?

Sekedar ide nih ya, gimana kalo kamu bikin penawaran di unit usaha sekitarmu untuk mendapatkan sponsor. Imbal baliknya, akan mengenakan kaos khusus bergambar logo mereka selama perjalanan atau sesuai kesepakatan. Bisa dishare di blog kamu, youtube atau social media lainnya. Gimana?

Kalau pengen nanya-nanya dimana?

Kunjungi web blogger nusantara dan silahkan bertanya disana. Disini juga bisa, tapi sangat terbatas.

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai