Berbagi Internet dengan Anak

Berbagi layar.

Pagi ini seperti pagi-pagi sebelumnya, cek blog meski tidak menulis satu artikelpun dilakukan. Biasanya hanya sekedar approve komen yang masuk atau mengamati visitor yang mampir. Sepertinya sudah menjadi kebiasaan pula, ada sosok yang akan hadir dan  berupaya mengambil alih “kekuasaan”. Tiba-tiba saja ia duduk dipangkuan dan mengajukan request “nonton tutitu yah”

Jika hal itu terjadi, sudah dipastikan layar monitor  harus dibagi dua. Setengah yang kiri untuk surfing ke Youtube mencari tayangan tutitu kesenangan dia, setengah yang lain digunakan untuk aktifitas blogging. Jadinya masing-masing harus puas dengan setengah layar browser yang ada. Agak repot memang,  apalagi jika ingin menulis artikel. Sebentar-sebentar dia menunjuk video yang ia inginkan setelah tayangan selesai. Kegiatan menulis menjadi terhenti sejenak.

Cari ide

Mumpung ada ide dan masih mood, harus cari cara agar tulis menulis tidak berhenti di tengah jalan. Salah satu caranya adalah dengan memilihkan video yang berdurasi cukup panjang. Semula ia memilih yang 3-4 menit-an, maka saya mencari yang berdurasi 7 hingga 15 menit. Lebih panjang dari video yang ia biasa lihat. Mr Bean atau Curious George biasanya saja jadikan pilihan, meski kadang Mr Postman atau Thomas and His Friends ia pilih sendiri. Tapi apapun itu, asalkan durasinya panjang dan jauh dari konten negatif, saya bolehkan ia untuk melihatnya. Sekali-kali ikut mengomentari adegan yang ditampilkan juga tidak mengapa, hanya sebagai tanda kita tetap menaruh perhatian.

tips dan trik mendidik anak

Efek samping

Internet sudah sangat mudah diakses oleh siapapun dimanapun. Di sekolah, di jalanan, di kantor bahkan di tepi pantai sekalipun. Terlepas dari kecepatan akses, itu persoalan lain. Efek samping pasti ada. Seperti halnya obat bagi mereka yang sakit. Menyembuhkan namun sekaligus menyimpan racun dalam tubuh. Internetpun demikian, sudah mengajarkan sosok itu beberapa kata Bahasa Rusia  tentang warna, meskipun sosok itu tidak sadar bahwa ia bisa. Sudah mengetahui beberapa nama kendaraan berat dalam bahasa Rusia karena Internet juga.  Bahkan ia mengenal angka dengan bahasa Inggris dan hafal huruf  bermula dengan media yang sama.

Semua hasil positif itu harus dibarengi dengan pengawasan. Tidak lantas dilepaskan begitu saja. Banyak konten negatif yang tersebar di dunia maya. Hal tersebut harus dibendung, ditahan agar tidak dikonsumsi terlalu dini. Jelas tidak mungkin membendung internet dan tidak perlu menyalahkan internet. Membatasi penggunaan, mengawasi dan mendampingi adalah langkah untuk melakukannya.

Karena itulah momen berbagi dengan anak – berbagi layar – ini perlu dimanfaatkan untuk mengawasi penggunaan internet agar terlepas dari konten negatif.

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai