Apakah EMS Training Aman Untuk Tubuh?

Apakah EMS Training Aman Untuk Tubuh?

Inovasi terbaru dalam fitness kini menghadirkan EMS Training. EMS merupakan kependekan dari electrical muscle stimulations. Sesuai dengan namanya, metode latihan ini memanfaatkan aliran listrik ketika berlatih.

Dengan memanfaatkan sebuah alat yang dikenal dengan nama EMS Miha Bodytec, aliran listrik dialirkan ke tubuh. Bersamaan dengan itu, tubuh bergerak melakukan beragam latihan sesuai yang diinginkan.

ems training

Metode fitness yang dikembangkan di Jerman ini menyita perhatian khalayak. Bukan hanya di Indonesia, di dunia pun EMS Training begitu populer. Hal itu bisa terjadi banyak keuntungan yang dapat dipetik kala melakukannya.

Paling mendasar ialah menghemat waktu. Berlatih dengan metode EMS Training tidak membutuhkan waktu lama. Sebagai ilutrasi, melakukan latihan dalam 20 menit dengan menggunakan EMS Miha Bodytec, setara dengan berlatih dengan metode konvensial selama dua hingga empat jam.

ems training

Selain itu, aliran listrik yang dialirkan ke tubuh ternyata sangat baik untuk pembentukan otot. Bagian otot terdalam yang biasanya tidak bisa terjangkau ketika melakukan latihan fitness dengan metode konvensional akan terlatih. Otomatis, hasil yang dirasakan lebih maksimal. Kalori lebih cepat terbakar serta impian untuk membentuk toned body kian mudah direalisasikan.

Berkat beragam kelebihan tersebut, tidak mengherankan EMS Training menjadi fenomena. Banyak yang sudah memutuskan untuk memakainya, namun tidak sedikit juga yang masih ragu. Salah satu pemicu keraguan biasanya terkait dengan keamanan EMS Training untuk tubuh.

Aliran listrik yang diikutsertakan dalam latihan menjadi alasan. Banyak yang takut listrik bakal mengganggu kesehatan tubuh atau malah berperngaruh tidak baik dalam jangka panjang. Namun, apakah benar seperti itu?

Menurut Excerceo Training, EMS Training benar-benar aman untuk tubuh. Alasannya ialah aliran listrik yang disalurkan hanya dalam voltase yang sangat rendah. Levelnya pun sudah mengikuti standar beragam perlengkapan medis yang juga menggunakan listrik. Alhasil, tingkat keamanannya sudah dijamin.

Tidak aneh, sebelum dipakai sebagai metode latihan fitness, EMS Training lebih dulu dipraktikkan sebagai sarana terapi dan rehabilitasi. Metode ini kerap dipakai oleh chricopractors, physicians, dan osteopaths.

Meski menggunakan aliran listrik, pengaruh negatif EMS Training terhadap otak tidak terbukti ada. Sebab, EMS Training tetap memanfaatkan prinsip alami untuk melatih otot. Logikanya otot tidak bisa membedakan rangsangan yang didapat dari otak atau aliran listrik dari EMS Miha Bodytec ketika berlatih dengan metode EMS Training. Penyebabnya ialah voltase listrik yang dialirkan lemah.

Karena itu pula, dijamin tidak akan ada rasa sakit ketika melakukan fitness dengan metode EMS Training. Namun, rasa lelah atau gerak tubuh yang lebih berat bakal dirasakan dibanding berlatih dengan metode fitness konvensional. Semua itu sebenarnya hanya karena dalam metode EMS Training bagian otot terdalam juga ikut dilatih.

KONDISI KHUSUS

Keamanan EMS Training untuk tubuh memang dijamin. Namun, tetap ada beberapa hal yang perlu diperhatikan terkait kondisi tubuh tertentu. Penderita masalah jantung misalnya. Pemakai alat pacu jantung tidak bisa berlatih dengan EMS Miha Bodytec. Namun, selain itu, jika dokter menyetujui penggunaannya, EMS Training tetap dapat dipakai.

Secara khusus, ada beberapa kondisi tubuh tertentu yang tidak bisa memakai EMS Training. Wanita hamil, penderita gangguan peredaran darah, dan masalah sirkulasi arteri, tidak bisa memakainya. Begitu pula halnya dengan orang yang memiliki masalah dinding abdominal atau inguinal hernia, tuberkolosis,  tumor, arterioklerosis dalam stadium tinggi, serta diabetes mellitus.

Selain itu, EMS Training juga tidak disarankan untuk penderita penyakit neurologis parah, demam, infeksi bakteri  dan virus akut, atau pendarahan dan hemofilia. Selain penderita kelainan atau problem khusus tersebut bakal aman untuk menggunakannya.

Jadi, tidak ada alasan untuk takut berlatih dengan menggunakan EMS Training!

Baca juga :

Full day sekolah? Kenapa engga?

Mamypoko, Ok Bangets. Ngga bikin ruam popok

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai