Another Instagram Image: SosMed adalah Ujian?

Another Instagram Image: SosMed adalah Ujian?Yang diuplod ini adalah salah satu gambaran tentang dahsyatnya sosial media. Saking dahsyatnya, banyak sekali yang memanfaatkan hal tersebut untuk hal-hal yang mereka kehendaki. Ada yang ingin branding, sekedar ingin muncul ke permukaan, hingga mencari keuntungan dengan segala cara.Salah satunya adalah gambar ini. Gambar yang kami posting memiliki 4 panel. Kiri atas memperlihatkan sebuah rumah yang sudah benar-benar tidak layak huni. Bisa dibayangkan apabila deskripsinya mengkaitkan hal tersebut dengan pemerintahan yang sedang berkuasa. Dan panel Kanan Atas adalah hasilnya.Di panel Kanan Atas tersebut terlihat jelas banyak orang yang meluapkan kebenciannya terhadap sosok yang memimpin sekarang. Entah sudah cek kebenaran gambar tersebut atau tidak, yang jelas caci maki segera dilemparkan oleh mereka.Nah, ternyata kebenaran ada di dua panel bagian bawah. Gambar asli berasal dari salah satu web luar negeri yang kemudian dicomot untuk suatu keperluan. Diedit caption dan judulnya. Maka hebohlah jagad internet kita.Luar biasa bukan?Entah apa motivasi pencatut gambar tersebut. Bisa karena jumlah klik, enggagement, atau bahkan menebar kebencian. Yang manapun dari banyak kemungkinan tersebut, seyogyanya menyebar berita palsu tidak layak untuk dilakukan.Jika ditanya SosMed adalah Ujian? Maka rasanya benar adanya. Kita sudah seharusnya tahu benar bahwa mencapai target yang dikejar tidak perlu menggunakan cara-cara kotor hingga menyebar fitnah segala. Pun juga kepada para netizen yang menikmati postingan. Cek dan ricek, ricek lagi dan lagi-lagi ricek adalah salah satu upaya tidak terjebak ke dalam pusaran berita palsu.SosMed adalah Ujian? Yup, ujian kecakapan bermedia sosial.

Yang diuplod ini adalah salah satu gambaran tentang dahsyatnya sosial media. Saking dahsyatnya, banyak sekali yang memanfaatkan hal tersebut untuk hal-hal yang mereka kehendaki. Ada yang ingin branding, sekedar ingin muncul ke permukaan, hingga mencari keuntungan dengan segala cara.

Salah satunya adalah gambar ini. Gambar yang kami posting memiliki 4 panel. Kiri atas memperlihatkan sebuah rumah yang sudah benar-benar tidak layak huni. Bisa dibayangkan apabila deskripsinya mengkaitkan hal tersebut dengan pemerintahan yang sedang berkuasa. Dan panel Kanan Atas adalah hasilnya.

Di panel Kanan Atas tersebut terlihat jelas banyak orang yang meluapkan kebenciannya terhadap sosok yang memimpin sekarang. Entah sudah cek kebenaran gambar tersebut atau tidak, yang jelas caci maki segera dilemparkan oleh mereka.

Nah, ternyata kebenaran ada di dua panel bagian bawah. Gambar asli berasal dari salah satu web luar negeri yang kemudian dicomot untuk suatu keperluan. Diedit caption dan judulnya. Maka hebohlah jagad internet kita.

Luar biasa bukan?

Entah apa motivasi pencatut gambar tersebut. Bisa karena jumlah klik, enggagement, atau bahkan menebar kebencian. Yang manapun dari banyak kemungkinan tersebut, seyogyanya menyebar berita palsu tidak layak untuk dilakukan.

Jika ditanya SosMed adalah Ujian? Maka rasanya benar adanya. Kita sudah seharusnya tahu benar bahwa mencapai target yang dikejar tidak perlu menggunakan cara-cara kotor hingga menyebar fitnah segala. Pun juga kepada para netizen yang menikmati postingan. Cek dan ricek, ricek lagi dan lagi-lagi ricek adalah salah satu upaya tidak terjebak ke dalam pusaran berita palsu.

SosMed adalah Ujian? Yup, ujian kecakapan bermedia sosial.

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai