22 April dan Presiden Nixon

22 April mungkin hari biasa. Tidak seperti 21 April yang dirayakan sebagai Hari Kartini dengan segudang acara. Namun untuk warga salah satu kabupaten di Jawa Barat dan beberapa pemain bola Internasional, tanggal ini sangat istimewa. Mau tahu alasannya? simak tulisan dibawah ini.

Tahukah kamu, seorang prabu yang memimpin kerajaan ini pernah mengucapkan Insun medal; Insun madangan” yang artinya “Aku dilahirkan; Aku menerangi”. Kalimat tersebut mengalami perubahan pengucapan menjadi sun medal. Kata itu pula yang menjadi cikal bakal nama kabupaten ini kedepan. Namun ada juga yang mengatakan, Insun madangan yang menjadi sun madang adalah asal mula yang sebenarnya.

Kerajaan Sumedang Larang, demikian ia disebut dengan Larang yang berarti tidak tertandingi dan Prabu Geusan Ulun dinobatkan menjadi Prabu Sumedang Larang oleh Prabu Siliwangi. Penobatan itu sendiri diadakan pada 22 April 1579 dan hingga kini 22 April ditetapkan sebagai Hari Jadi Kota Sumedang.

Di hari yang sama, 22 April diperingati sebagai Hari Bumi secara internasional. Hari Bumi diadakan untuk meningkatkan kesadaran dan apresiasi terhadap planet yang ditinggali manusia. Dicanangkan oleh Senator Amerika Serikat Gaylord Nelson pada tahun 1970 yang mana beliau adalah seorang pengajar lingkungan hidup.

Dua pesepak bola ini bukan terlahir sebagai anak kembar. Namun mereka lahir pada tanggal yang sama, 22 April 1987. Mereka adalah David Luiz, pemain sepak bola Brasil dan John Obi Mikel, pemain sepak bola Nigeria. Mereka berdua bermain untuk klub sepak bola yang sama saat tulisan ini dibuat.  David Luiz masuk dalam jajaran pemain Chelsea pada tahun 2011 sedangkan John Obi Mikel pada tahun 2005.

Ada satu lagi pemain bola yang berulang tahun pada tanggal yang sama, 22 April hari ini. Dia adalah Ricardo Izecson dos Santos Leite yang saat ini membela Milan. Bernomor punggung 22, ia berposisi sebagai Forward yang siap menggetarkan jala lawan. Pemain yang lebih dikenal dengan nama Ricardo Kaka ini mendapatkan nama panggilannya dari adiknya, Rodrigo, yang tidak bisa mengucapkan kata “Ricardo” ketika mereka masih kecil. Rodrigo memanggil kakaknya “Caca” yang kemudian berganti menjadi Kaká.

Richard Nixon. credit to wikipedia.com

Pada tanggal 22 April 1994 presiden Amerika Serikat yang mengundurkan diri dari jabatannya telah meninggal dunia. Ya, pada tanggal itu Richard Nixon, menghembuskan nafas terakhir dalam usia 81 karena komplikasi yang berhubungan dengan serangan lumpuh. Ia dimakamkan di samping istrinya Pat Nixon di halaman Perpustakaan Kepresidenan Richard Nixon dan tempat kelahirannya di Yorba Linda, California.

Itulah sedikit cuplikan peristiwa, kelahiran dan kematian pada tanggal 22 April di dunia. Ingin mengetahui ada apa pada tanggal 23 April esok? Ikuti terus tulisan di sini.

(sumber wikipedia, sumedangkab.go.id)

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai