1 Mei adalah Hari Ibu

Apa aja sih yang terjadi pada 1 mei di seluruh dunia? Tulisan ini mencoba merangkum beberapa dari sekian banyak kejadian yang sebagian besar kita tidak mengetahuinya. Mungkin bisa menjadi bahan unjuk kepandaian dihadapan pacarmu malam minggu nanti?

Cornelius Kingsland Garrison adalah seorang pembuat kapal, kapitalis, dan politisi Amerika Serikat. Dia menjabat sebagai walikota San Francisco kelima dari tahun 1853 sampai 1854. Dia meninggal pada tanggal 1 Mei 1885 di Kota New York karena serangan jantung.

Setahun kemudian, demo besar-besaran terjadi. Kurang lebih 400.000 orang buruh  menuntut pengurangan jam kerja menjadi 8 jam sehari. 1 Mei ditetapkan sebagai hari perjuangan pekerja buruh dunia dan delapan jam sebagai jam kerja diberlakukan mulai 1 Mei 1886. Hingga kini, 1 Mei lebih dikenal dengan istilah May Day.

1 Mei 1900, SJS atau Semarang Joana Stroomtram Maatschappij membuka jalur baru hingga Rembang dan Lasem, setelah sebelumnya membangun jalur Kudus-Mayong-Gotri-Pecangaan pada tahun 1895. Perusahaan yang didirikan pada tahun 1885 oleh pemerintahan kolonial ini sebagai upaya  perluasan moda transpostasi darat khususnya kereta api di Jawa.

Beberapa tahun kemudian, Pertempuran Sungai Yalu berakhir pada 1 Mei 1904. Pertempuran darat pertama yang terjadi selama Perang Rusia-Jepang ini berhasil dimenangkan oleh Tentara Jepang. Peperangan ini terjadi di desa Uiju, Korea Utara di Sungai Yalu, di perbatasan antara Korea dengan Manchuria China. Memakan korban 1.036 orang dari pihak Jepang ( jumlah tewas, terluka dan hilang ) serta 593 tewas, 1.101 terluka, 478 hilang dari pihak Rusia.

Disaat yang bersamaan, Antonín Leopold Dvořák seorang komponis asal Ceko meninggal dunia pada hari yang sama, 1 Mei 1904. Ia adalah komponis beraliran musik Romantic. Lagu Cypress Trees adalah sebuah karya yang lahir karena kekecewaannya. Seorang wanita yang ia cintai menikah dengan lelaki lain

Clara Johanna “Claire” Bonebakker. credit to invaluable.com

Di Hindia-Belanda ( Indonesia ) kala itu. Tepatnya di Soerabaja ( Surabaya ) 1 Mei 1904, lahir seorang bayi perempuan yang bernama Clara Johanna “Claire” Bonebakker. Terlahir dengan kebangsaan Belanda dan bakat melukis. Ketika dewasa, ia menjadi seniman lukis yang mendapat tempat di hati seniman Ter Veere dengan aliran Still Life-nya.

Dan saat itu, Pertandingan internasional pertama Timnas Perancis diadakan. Melawan Timnas Belgia pada tanggal 1 Mei 1904. Hasil pertandingan adalah imbang dengan skor 3 sama.

Selain sebagai hari buruh internasional, 1 Mei juga diperingati sebagai Hari Ibu untuk beberapa negara. Negara-negara yang merayakan hari Ibu pada 1 mei adalah Samoa, Hong Kong, Hungaria, Lituania, Mozambique, Portugal, Spanyol dan Rumania.
Jadi, jika ada yang mengucapkan hari ibu pada 1 Mei, mungkin ia berada di salah satu negara diatas.

(dari berbagai sumber)

About the author

Menyukai tantangan meski bukan penantang Ku suka petualangan meski bukan petualang Ku juga suka menulis meski bukan penulis Aku juga suka menyukai